RPP BAHAN TEKNIK KELAS X DPTM DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMK
Nama
Sekolah : SMK ONDAK JAYA
Mata
Pelajaran : DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN
Kelas/Semester : X TP 1 / GASAL
Materi
Pokok/Tema/Topik : memahami jenis bahan teknik
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 1
Pertemuan
Ke : 2 dan 3 (4x45menit)
Kompetensi Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
KD
1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam
mengaplikasikan pengetahuannya
tentang jenis bahan teknik pada
kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai
tuntunan dalam mengaplikasikan pengetahuan jenis bahan teknik dalam kehidupan
sehari-hari.
KD
3. Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab
dalam mengaplikasikan pengetahuan
jenis bahan teknik pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun,
demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam
mengaplikasikan pengetahuan jenis jenis bahan teknik kehidupan
sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif,
konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan pengetahuan
jenis jenis bahan teknik.
KD
6. Mengidentifikasi jenis jenis
bahan teknik.
KD
7. Mengklasifikasai jenis jenis bahan teknik.
Indikator
1.
Siswa dapat menjelaskan
jenis dan fungsi bahan teknik
2.
Siswa dapat menjelaskan
kegunaan bahan teknik di sehari hari
3. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi jenis jenis bahan teknik.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa memahami
jenis dan fungsi jenis jenis bahan teknik.
2.
Siswa memahami bagian-bagian utama jenis jenis bahan teknik.
3.
Siswa
mengatahui klasifikasi jenis jenis bahan teknik.
Materi
Ajar/Pembelajaran
A. Jenis
Jenis jenis bahan teknik
Kalau kita bicara tentang bahan
teknik (engineering
materials) maka
di dunia teknik mesin bahan teknik dikelompokan dalam 4 kelompok. Coba
lihat paga gambar dibawah ini :
bahan-teknik
ada tiga bahan
teknik ditambah
dengan perpaduan dari ketiga bahan tersebut :
1. Logam
2. Keramik
3. polimer
4. komposit.
Komposit dapat dibagi berdasarkan
matriknya yaitu :
MMC = Metal Matrix composites
CMC = Ceramic Matrix Composites
PMC = Polymers Matrix Composites
Ok, sekarang secara singkat akan
dipaparkan tentang karakteristik umum dari masing – masing bahan.
1. Logam
Logam dapat dikelompokan dalam 2 bagian
berdasarkan kandungan besi yaitu :
1. Ferrous alloys(paduan logam yang
mengandung unsur besi (Fe) )
2. Non-Ferrous alloys (paduan logam tanpa
kandungan besi (Fe) )
logam memiliki sifat mampu tempa dengan
proses – proses deformasi, seperti forging, extrusi, rolling, logam juga dapat
menerima perlakuan panas untuk mendapatkan sifat – sifat mekanis yang spesifik,
memiliki modulus elastisitas yang cukup tinggi, logam dapat dipadukan sehingga
mendapatkan sifat – sifat mekanis yang lebih baik. Merupakan penghantar listrik
yang baik, namun tidak tahan terhadap korosi.
2. Keramik
Keramik dibagi menjadi 5 berdasarkan sifat
kegunaanya yaitu :
1. Electronic material (bahan electonik)
2. keramik construksi
3. keramik alam
4. kaca
5. keramik Engineering
Berat jenis dari keramik adalah rendah,
keras dan getas, tahan terhadap korosi serta abrasi, keramik juga merupakan
isolator yang cukup baik untuk panas ataupun listrik.
3. Polimer
Polymers dibagi menjadi 3 bagian
berdasarkan struktur kimianya :
1. Thermoplastics
2. Natural Polymers (polymer alam)
3. Thermosets
Ciri polimer adalah memiliki modulus
elastisitas yang rendah, tahan terhadap korosi, merupakan isolator yang baik,
ringan, dan mudah dibentuk.
4. Komposit
Sifat dari komposit tergantuk pada tipe
komposit itu sendiri. Apakah ia Metal Matrix composites, Ceramic Matrix
Composites, Polymers Matrix Composites.
Media, Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media
·
Tab 4 Samsung 10
in
Sumber Belajar
1.Buku Teori bahan teknik
2. artikel di internet
3. Roni Hastomo
4. https://technomesin.wordpress.com/2010/04/02/bahan-teknik-1/
4. https://technomesin.wordpress.com/2010/04/02/bahan-teknik-1/
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
1. Memberikan
salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa,
menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2. Memberi
motivasi pada siswa
3. Melakukan
apersepsi dan pretest
4. Menyampaikan
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
|
1. Menjawab
salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab
keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2. Termotivasi
3. Memperhatikan
dan mengerjakan pretest
4. Memperhatikan
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
Menanya
·
Meminta siswa supaya
melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap
obyak yang diamati pada kelompoknya
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencoba/mengumpulkan
informasi
·
Memberikan
permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada
kelompoknya
·
Mengamati, membimbing
, dan menilai kegiatan siswa
Mengasosiasi/menganalisis
informasi
·
Mengarahkan siswa
supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat
kesimpulan
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mengkomunikasikan
·
Meminta untuk membuat
laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·
Meminta setiap
perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek
dan kesimpulan diskusi
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencipta
·
Meminta siswa supaya
mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
|
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan
merumuskan masalah di kelompoknya
Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya
Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis,
dan menyimpulkan
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan dan
kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·
Mempresentasikan
hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya
Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis
dari kegiatan mengkomunikasikan
|
70
menit
|
Penutup
|
1. Mengajak
dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Memberikan
evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3. Memberikan
remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4. Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk
pelajaran terakhir)
|
1. Membuat
rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2. Mengerjakan
tes/ tugas yang diberikan
3. Mencatat
tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4. Memperhatikan
arahan guru (berdoa)
|
10
menit
|
A. PenilaianHasilBelajar
1.
Teknik
Penilaian :
a.
KI-1
dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.
KI-3
dengan Tes Tertulis.
c.
KI-4 dengan
portofolio
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a)
Bentuk
Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.
Sebutkan jenis-jenis jenis jenis bahan teknik beserta fungsinya ?
2.
Sebutkan dan
jelaskan jenis bahan teknik !
3.
Sebutkan dan
jelaskan kegunaan bahan teknik dalam kehidupan sehari hari !
3.
Prosedur
penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
a.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b. Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleransi
di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
|
Dalam pembelajaran dan saat
diskusi (selama kegiatan inti)
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai alat keselamatan kerja yang harus
digunakan pada saat mengoperasikan jenis jenis bahan teknik.
|
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
|
3.
|
Keterampilan
|
Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang alat keselamatan kerja yang harus
dipakai saat bekerja dengan jenis jenis bahan teknik.
|
Penyelesaian tugas (individu)
|
B. Pedoman
Penskoran dan Penilaian
1.
Indikator
penskoran sikap Toleransi
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
membantu/menawarkan bantuan pada teman dan
guru yang sedang mengalami kesulitan
|
3
|
Sering membantu/menawarkan bantuan
pada teman dan guru yang sedang
mengalami kesulitan
|
2
|
Kadang-kadang membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
1
|
Tidak pernah membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2.
Indikator
penskoran sikap Kerja sama
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu
tujuan tertentu
|
3
|
Sering mengajak / menawarkan pada
teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
2
|
Kadang-kadang mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
1
|
Tidak pernah mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
3.
Indikator
penskoran Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai 50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100 :
Sangat baik
81 -
90 : Baik
77 -
80 : Cukup
65
– 76 : Kurang
NTB, 23 Agustus 2018
Guru
Mapel,
Khairul
Fuadi, Spd
NIK…………......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar