RPP TEKNIK PEMESINAN BUBUT Menganalisis Kecepatan Putar Mesin Bubut Untuk Berbagai Kecepatan Potong Bahan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMK
Nama
Sekolah : SMK ONDAK JAYA
Mata
Pelajaran : TEKNIK PEMESINAN BUBUT
Kelas/Semester : X TP 1 / GASAL
Materi
Pokok/Tema/Topik : Menganalisis kecepatan putar mesin bubut untuk
berbagai kecepatan potong bahan
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 4
Pertemuan
Ke : 2 dan 3 (4x45menit)
Kompetensi Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
KD
1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam
mengaplikasikan teknik pemesinan
bubut pada
kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai
tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut dalam kehidupan
sehari-hari.
KD
3. Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab
dalam mengaplikasikan teknik pemesinan
bubut pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun,
demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam
mengaplikasikan teknik pemesinan bubut kehidupan sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif,
konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan teknik
pemesinan bubut.
KD
6. Mengidentifikasi mesin bubut.
KD
7. Mengklasifikasai proses pemesinan bubut.
Indikator
1.
Siswa dapat menjelaskan
jenis dan fungsi kecepatan putar mesin bubut untuk
berbagai kecepatan potong bahan.
2.
Siswa dapat menjelaskan
kecepatan putar mesin bubut untuk berbagai kecepatan
potong bahan.
3. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi kecepatan
putar mesin bubut untuk berbagai kecepatan potong bahan.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa memahami
jenis dan fungsi kecepatan putar mesin bubut untuk berbagai kecepatan potong
bahan.
2.
Siswa memahami kecepatan
putar mesin bubut untuk berbagai kecepatan potong bahan.
3.
Siswa
mengatahui klasifikasi kecepatan putar
mesin bubut untuk berbagai kecepatan potong bahan.
Materi
Ajar/Pembelajaran
- kecepatan putar mesin bubut untuk berbagai
kecepatan potong bahan
Menghitung Kecepatan pemotongan Pada proses
pembubutan
Kecepatan potong merupakan kecepatan tersayatnya benda
kerja hingga menghasilkan sayatan logam yang dapat berupa serbuk atau chip.
Chip dapat berupa gulungan yang membentuk lingkaran yang saling
menyambung. Jika gulungan tersebut dipotong sebagian hingga sesuai dengan
keliling satu lingkaran penuh dari benda kerja yang telah tersayat maka panjang
gulungan yang dihasilkan oleh setiap sayatan pada tiap satuan waktu merupakan
kecepatan potong pahat. Dimana panjang sayatan tersebut adalah п.d
(keliling lingkaran dari benda kerja, d adalah diameter benda kerja), p adalah
perioda yaitu waktu yang dibutuhkan dalam satu kali sayatan (hubungan antara
perioda dan frekwensi adalah 1/p = n, n adalah jumlah dari sayatan setiap waktu
atau jumlah dari putaran benda kerja setiap satuan waktu ) sehingga
persamaannya menjadi :
atau
Jika satuan n adalah satuan radian permenit (rpm) dan
diameter benda dalam satuan mm maka rumus diatas menjadi :
Sehingga
Kecepatan potong ditentukan oleh :
1.
Bahan
Benda Kerja
Bahan benda kerja berpengaruh pada harga kecepatan
potong semakin keras benda kerja semakin rendah kecepatan potongnya dan berlaku
sebaliknya semakin lunak benda kerja semakin besar kecepatan potongnya.
2.
Jenis
Alat Potong
Alat potong yang memiliki kekerasan yang tinggi, maka
kecepatan potongnya juga akan semakin besar demikian pula sebaliknya.
3.
Besar
Asutan
Besar asutan adalah besar jarak pemakanan pahat dalam
arah longitudinal atau membujur, semakin besar jarak pemakanan dalam arah
membujur maka kecepatan potong akan semakin kecil, dan semakin
kecil jarak pemakanan maka semakin besar kecepatan potongnya.
4.
Kedalaman
Pemotongan
Kedalaman penyayatan adalah besar jarak pemakan pahat
dalam arah melintang, semakin besar jarak pemakanan pahat dalam arah melintang
semakin kecil kecepatan potongnya, dan semakin kecil jarak pemakanan
pahat dalam arah melintang semakin besar kecepatan potongnya.
Contoh 1
Sebuah benda kerja yang terbuat dari baja karbon
dengan diameter & 90 mm akan dibubut sehingga diameternya menjadi & 40
mm. Berapa putaran mesin yang digunakan jika pahat terbuat dari HSS
dan diinginkan hasil pembubutan yang halus?
Diketahui :
·
Diameter
benda kerja, D = 90 mm
·
Benda
kerja dari baja karbon
·
Pahat
Dari karbida
·
Hasil
pembubutan halus
·
Dari
hasil pembacaan tabel kecepatan potong Cs = 70 – 90
(m/menit) diambil 90 m/menit
Ditanyakan : n (putaran mesin)
Jawab :
Contoh 2
Sebuah benda kerja memiliki diameter D = 0,75 inchi,
akan dibubut dengan kecepatan potong 100 feet/menit, hitung putaran mesin yang
diperlukan!
Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi, Eksperimen, dan
Penugasan, dll
3. Model : Discovery Learning
Media, Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media
·
LKS
·
Tab Samsung 4.10
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pemesinan Bubut
2.Buku
referensi dan artikel yang sesuai
3. https://guruinsight.wordpress.com/2016/08/01/menghitung-kecepatan-pemotongan-pada-proses-pembubutan/
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
1. Memberikan
salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa,
menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2. Memberi
motivasi pada siswa
3. Melakukan
apersepsi dan pretest
4. Menyampaikan
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
|
1. Menjawab
salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab
keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2. Termotivasi
3. Memperhatikan
dan mengerjakan pretest
4. Memperhatikan
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
Menanya
·
Meminta siswa supaya
melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap
obyak yang diamati pada kelompoknya
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencoba/mengumpulkan
informasi
·
Memberikan
permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada
kelompoknya
·
Mengamati, membimbing
, dan menilai kegiatan siswa
Mengasosiasi/menganalisis
informasi
·
Mengarahkan siswa
supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat
kesimpulan
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mengkomunikasikan
·
Meminta untuk membuat
laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·
Meminta setiap
perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek
dan kesimpulan diskusi
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencipta
·
Meminta siswa supaya
mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
|
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan
merumuskan masalah di kelompoknya
Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya
Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis,
dan menyimpulkan
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan dan
kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·
Mempresentasikan
hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya
Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis
dari kegiatan mengkomunikasikan
|
70
menit
|
Penutup
|
1. Mengajak
dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Memberikan
evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3. Memberikan
remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4. Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk
pelajaran terakhir)
|
1. Membuat
rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2. Mengerjakan
tes/ tugas yang diberikan
3. Mencatat
tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4. Memperhatikan
arahan guru (berdoa)
|
10
menit
|
A. PenilaianHasilBelajar
1.
Teknik
Penilaian :
a.
KI-1
dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.
KI-3
dengan Tes Tertulis.
c.
KI-4 dengan
portofolio
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a)
Bentuk
Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.
Sebutkan jenis-jenis kecepatan
putar mesin bubut untuk berbagai kecepatan potong bahan beserta fungsinya ?
2.
Sebutkan dan
jelaskan klasifikasi kecepatan putar mesin bubut untuk berbagai kecepatan
potong bahan!
3.
Sebutkan dan
jelaskan metode kecepatan putar mesin bubut untuk berbagai kecepatan potong
bahan
3.
Prosedur
penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
a.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b. Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleransi
di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
|
Dalam pembelajaran dan saat
diskusi (selama kegiatan inti)
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai kecepatan putar mesin bubut untuk berbagai kecepatan
potong bahan
|
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
|
3.
|
Keterampilan
|
Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang kecepatan putar mesin bubut untuk berbagai kecepatan
potong bahan.
|
Penyelesaian tugas (individu)
|
B. Pedoman
Penskoran dan Penilaian
1.
Indikator
penskoran sikap Toleransi
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
membantu/menawarkan bantuan pada teman dan
guru yang sedang mengalami kesulitan
|
3
|
Sering membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2
|
Kadang-kadang membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
1
|
Tidak pernah membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2.
Indikator
penskoran sikap Kerja sama
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu
tujuan tertentu
|
3
|
Sering mengajak / menawarkan pada
teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
2
|
Kadang-kadang mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
1
|
Tidak pernah mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
3.
Indikator
penskoran Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai 50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100 :
Sangat baik
81 -
90 : Baik
77 -
80 : Cukup
65
– 76 : Kurang
NTB, 23 Agustus 2018
Guru
Mapel,
Khairul
Fuadi, Spd
NIK…………......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar