Selasa, 10 September 2019

RPP kelas X Dasar Perancangan Teknik Mesin - Menerapkan Langkah Langkah Vector, Gaya, Resultan Gaya dan Kesetimbangan


RPP kelas X Dasar Perancangan Teknik Mesin - Menerapkan Langkah Langkah Vector, Gaya, Resultan Gaya dan Kesetimbangan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                  : SMK
Nama Sekolah                         : SMK ONDAK JAYA
Mata Pelajaran                        : DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN
Kelas/Semester                        : X TP 1 / GASAL
Materi Pokok/Tema/Topik      : Menerapkan langkah langkah vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
Alokasi Waktu                        : 4 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan                   :11
Pertemuan Ke                         : 2 dan 3 (4x45menit)

Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
KD 1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan pada kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari.
KD 3. Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab dalam mengaplikasikan vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan kehidupan sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
KD 6. Mengidentifikasi vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
KD 7. Mengklasifikasai vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
Indikator
1.      Siswa dapat menjelaskan jenis dan fungsi vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
2.      Siswa dapat menjelaskan vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
3.      Siswa dapat menjelaskan klasifikasi vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa memahami jenis dan fungsi vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
2.      Siswa memahami vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
3.      Siswa mengatahui klasifikasi vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
Materi Ajar/Pembelajaran
A.    vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan

Pengertian Gaya, Jenis Gaya, Vektor, dan Gaya dalam Keseimbangan

Pengertian Gaya, Jenis Gaya, Vektor, dan Gaya dalam Keseimbangan – Dalam ilmu fisika kita akan sering menjumpai yang namanya gaya. Di Fisika gaya disimbolkan dengan F yang berasal dari bahasa inggris yaitu “force” yang artinya kekuatan.
Daftar Isi Artikel
·         Apa itu gaya?
·         Cara Mengukur Gaya
·         Gaya dan Massa
·         Gaya dan Vektor
·         Gaya dalam Kesetimbangan
·         Gaya Gabungan
·         Fakta Menarik tentang Gaya
Apa itu gaya?
Dalam fisika, gaya adalah dorongan atau tarikan pada objek. Suatu gaya dapat menyebabkan suatu objek berakselerasi/diprcepat, diperlambat, tetap di tempat, atau mengubah bentuknya.
Cara Mengukur Gaya
Satuan ukuran untuk gaya adalah newton yang disingkat sebagai “N”. Satu newton adalah gaya yang dibutuhkan untuk mempercepat satu gram massa dengan satu sentimeter per detik kuadrat. Satuan gaya lain termasuk dyne dan gaya pound

Contoh gaya | MasteIPA.com
Gaya dan Massa
Gaya Akselerasi dapat diketahui jika Anda mengetahui massa dan percepatan suatu objek. Persamaan ini berasal dari Newton Second Law of Motion (hukum kedua Newton):
Baca Dulu: Hukum I Newton
F = m . a
Dimana f = gaya, m = massa, dan a = akselerasi.
Gaya dan Vektor
Gaya tidak hanya memiliki besaran (yang kita dapatkan di newton ketika kita menggunakan persamaan di atas), tetapi juga memiliki arah. Hal ini membuat gaya adalah sebai besaran vektor bukan besaran skalar. Vektor ditunjukkan oleh panah yang menunjukkan arah gaya dan angka yang menunjukkan besarnya.
Gaya dalam Kesetimbangan
Kadang-kadang bisa ada banyak gaya yang bekerja pada objek, tetapi objek tetap diam. Dalam hal ini gaya-gaya berada dalam ekuilibrium/kesetimbangan. Jumlah gaya, atau gaya total, adalah nol.
Gambar di bawah ini menunjukkan objek yang terletak di atas meja. Objeknya tidak bergerak. Ini karena gaya gravitasi yang menarik benda ke bawah sama dan berlawanan dengan gaya meja yang mendorong ke atas. Gaya totalnya adalah nol dan gaya-gaya ini berada dalam kesetimbangan.

Gaya Gabungan
Ketika banyak gaya bekerja pada objek, gaya resultannya adalah penjumlahan vektor dari masing-masing gaya. Saya tidak akan masuk ke matematika vektor yang rumit di sini, tetapi ambil contoh lomba tarik tambang. Kedua belah pihak masing-masing menarik. Jika satu sisi menarik dengan gaya 2 N pada arah kiri dan sisi yang lain menarik dengan gaya 3 N pada arah kanan, maka gaya resultannya adalah 1 N ke arah kanan. Sehingga tim yang menarik tambang di sebelah kananlah yang menang

Jenis-Jenis Gaya
§  Gaya Gesekan – Gesekan adalah gaya yang disebabkan ketika satu objek bergesekan dengan yang lain. Ia bekerja dalam arah yang berlawanan dengan kekuatan utama.
§  Gaya Gravitasi – Gravitasi adalah gaya yang disebabkan oleh massa besar, seperti Bumi. Gravitasi menarik objek ke arah Bumi dengan akselerasi “g” yang setara dengan 9,8 m/s 2 .
§  Gaya Elektromagnetik – Gaya elektromagnetik adalah gaya yang terkait dengan medan listrik dan magnet .
§  Gaya Inti/Nuklir – Gaya nuklir/inti adalah kekuatan yang menahan atom dan partikelnya bersama.
§  Tegangan – Kekuatan menarik yang diberikan oleh string, kabel, atau rantai pada objek lain.
§  Gaya Elastis – Gaya elastis adalah gaya yang diberikan oleh objek yang mencoba kembali ke panjang semulanya. Ini dimodelkan oleh pegas yang telah ditarik oleh kekuatan eksternal, tetapi menarik kembali ketika mencoba untuk kembali ke panjang aslinya.
Fakta Menarik tentang Gaya
§  Suatu benda yang dipercepat dalam gerakan melingkar mengalami gaya “sentripetal”.
§  Empat gaya fundamental dalam fisika adalah gravitasi, gaya elektromagnetik, gaya nuklir/inti kuat, dan gaya nuklir/inti lemah.
§  Torsi adalah jenis gaya yang mengukur perubahan dalam kecepatan rotasi suatu objek. Torsi adalah fitur penting dari mobil, khususnya truk.
§  Gesekan adalah gaya yang mengurangi kecepatan suatu objek. Dorongan adalah kekuatan yang meningkatkan kecepatan suatu objek.


Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi, Eksperimen, dan Penugasan, dll
3.      Model              : Discovery Learning

Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media
·         Tab 4 samsung 10 in
Sumber Belajar
1.Buku Teori fisika teknik
2.Buku referensi dan artikel yang sesuai
3. https://masteripa.com/pengertian-gaya/




Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
1.      Memberikan salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa, menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2.      Memberi motivasi pada siswa
3.      Melakukan apersepsi dan pretest
4.      Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian

Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

1.    Menjawab salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2.    Termotivasi
3.    Memperhatikan dan mengerjakan pretest
4.    Memperhatikan


Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan
10 menit
Inti
Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

Menanya
·         Meminta siswa supaya melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap obyak yang diamati pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencoba/mengumpulkan informasi
·         Memberikan permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing , dan menilai kegiatan siswa



Mengasosiasi/menganalisis informasi
·         Mengarahkan siswa supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat kesimpulan
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mengkomunikasikan
·         Meminta untuk membuat laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·         Meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek dan kesimpulan diskusi
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencipta
·         Meminta siswa supaya mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan

Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan

Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan merumuskan masalah di kelompoknya





Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya









Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis, dan menyimpulkan






Mengkomunikasikan
·      Membuat laporan dan kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·      Mempresentasikan hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya






Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
70 menit
Penutup
1.      Mengajak dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2.      Memberikan evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3.      Memberikan remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4.      Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk pelajaran terakhir)
1.    Membuat rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2.    Mengerjakan tes/ tugas yang diberikan
3.    Mencatat tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4.    Memperhatikan arahan guru (berdoa)
10 menit

A.    PenilaianHasilBelajar
1.       Teknik Penilaian :
a.       KI-1 dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.      KI-3 dengan Tes Tertulis.
c.       KI-4 dengan portofolio
2.         Bentuk Instrumen dan Instrumen
a)      Bentuk Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.      Sebutkan jenis-jenis vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan beserta fungsinya ?
2.      Sebutkan dan jelaskan klasifikasi vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan!
3.      Sebutkan dan jelaskan metode vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan!
3.       Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap

a.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b.  Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.   Toleransi di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d.  Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
Dalam pembelajaran dan saat diskusi (selama  kegiatan  inti)
2.
Pengetahuan

Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
3.

Keterampilan

Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan

Penyelesaian tugas (individu)

B.     Pedoman Penskoran dan  Penilaian
1.      Indikator penskoran  sikap Toleransi
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
3
Sering membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
2
Kadang-kadang membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
1
Tidak pernah membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan

2.      Indikator penskoran sikap Kerja sama
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
3
Sering mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
2
Kadang-kadang mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
1
Tidak pernah mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu

3.      Indikator penskoran  Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai  50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100            : Sangat baik
81 -  90 : Baik
77 -  80 : Cukup
65 – 76  : Kurang

                                                                                     NTB, 23 Agustus 2018
                                                                                    Guru Mapel,


Khairul Fuadi, Spd
                                                                                    NIK…………......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar