RPP kelas X Dasar Perancangan Teknik Mesin - Menerapkan Langkah Langkah Vector, Gaya, Resultan Gaya dan Kesetimbangan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMK
Nama
Sekolah : SMK ONDAK JAYA
Mata
Pelajaran : DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN
Kelas/Semester : X TP 1 / GASAL
Materi
Pokok/Tema/Topik : Menerapkan langkah langkah vector, gaya, resultan
gaya, dan kesetimbangan
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan :11
Pertemuan
Ke : 2 dan 3 (4x45menit)
Kompetensi Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
KD
1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam
mengaplikasikan vector, gaya,
resultan gaya, dan kesetimbangan pada kehidupan
sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai
tuntunan dalam mengaplikasikan vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
dalam kehidupan sehari-hari.
KD
3. Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab
dalam mengaplikasikan vector, gaya,
resultan gaya, dan kesetimbangan pada kehidupan
sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun,
demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam
mengaplikasikan vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
kehidupan sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif,
konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan vector,
gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
KD
6. Mengidentifikasi vector,
gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
KD
7. Mengklasifikasai vector,
gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
Indikator
1.
Siswa dapat menjelaskan
jenis dan fungsi vector, gaya, resultan gaya, dan
kesetimbangan.
2.
Siswa dapat menjelaskan
vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
3. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi vector,
gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa memahami
jenis dan fungsi vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
2.
Siswa memahami vector,
gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan.
3.
Siswa
mengatahui klasifikasi vector, gaya,
resultan gaya, dan kesetimbangan.
Materi
Ajar/Pembelajaran
A. vector,
gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
Pengertian Gaya, Jenis Gaya, Vektor, dan
Gaya dalam Keseimbangan
Pengertian Gaya, Jenis Gaya, Vektor, dan Gaya
dalam Keseimbangan – Dalam ilmu
fisika kita akan sering menjumpai yang namanya gaya. Di Fisika gaya
disimbolkan dengan F yang berasal dari bahasa inggris yaitu “force”
yang artinya kekuatan.
Daftar Isi Artikel
Apa itu gaya?
Dalam
fisika, gaya adalah dorongan atau tarikan pada objek. Suatu gaya dapat
menyebabkan suatu objek berakselerasi/diprcepat,
diperlambat, tetap di tempat, atau mengubah bentuknya.
Cara Mengukur Gaya
Satuan
ukuran untuk gaya adalah newton yang disingkat sebagai “N”. Satu newton adalah
gaya yang dibutuhkan untuk mempercepat satu gram massa dengan satu sentimeter
per detik kuadrat. Satuan gaya lain termasuk dyne dan gaya pound
Contoh gaya | MasteIPA.com
Gaya dan Massa
Gaya Akselerasi dapat
diketahui jika Anda mengetahui massa dan
percepatan suatu objek. Persamaan ini berasal dari Newton Second Law of Motion (hukum kedua Newton):
Baca
Dulu: Hukum I Newton
F = m . a
Dimana
f = gaya, m = massa, dan a = akselerasi.
Gaya dan Vektor
Gaya
tidak hanya memiliki besaran (yang kita dapatkan di newton ketika kita menggunakan
persamaan di atas), tetapi juga memiliki arah. Hal ini membuat gaya adalah
sebai besaran vektor bukan besaran skalar. Vektor ditunjukkan oleh panah yang
menunjukkan arah gaya dan angka yang menunjukkan besarnya.
Gaya dalam Kesetimbangan
Kadang-kadang
bisa ada banyak gaya yang bekerja pada objek, tetapi objek tetap diam. Dalam
hal ini gaya-gaya berada dalam ekuilibrium/kesetimbangan. Jumlah gaya, atau
gaya total, adalah nol.
Gambar
di bawah ini menunjukkan objek yang terletak di atas meja. Objeknya tidak
bergerak. Ini karena gaya gravitasi yang menarik benda ke bawah sama dan
berlawanan dengan gaya meja yang mendorong ke atas. Gaya totalnya adalah nol
dan gaya-gaya ini berada dalam kesetimbangan.
Gaya Gabungan
Ketika
banyak gaya bekerja pada objek, gaya resultannya adalah penjumlahan vektor dari
masing-masing gaya. Saya tidak akan masuk ke matematika vektor yang rumit di
sini, tetapi ambil contoh lomba tarik tambang. Kedua belah pihak masing-masing
menarik. Jika satu sisi menarik dengan gaya 2 N pada arah kiri dan sisi yang
lain menarik dengan gaya 3 N pada arah kanan, maka gaya resultannya adalah 1 N
ke arah kanan. Sehingga tim yang menarik tambang di sebelah kananlah yang
menang
Jenis-Jenis Gaya
§ Gaya
Gesekan – Gesekan adalah gaya yang disebabkan ketika satu objek bergesekan
dengan yang lain. Ia bekerja dalam arah yang berlawanan dengan kekuatan utama.
§ Gaya
Gravitasi – Gravitasi adalah
gaya yang disebabkan oleh massa besar, seperti Bumi. Gravitasi menarik objek ke
arah Bumi dengan akselerasi “g” yang setara dengan 9,8 m/s 2 .
§ Gaya
Elektromagnetik – Gaya elektromagnetik adalah gaya yang terkait
dengan medan listrik dan magnet .
§ Gaya
Inti/Nuklir – Gaya nuklir/inti adalah kekuatan yang menahan atom dan
partikelnya bersama.
§ Tegangan
– Kekuatan menarik yang diberikan oleh string, kabel, atau rantai pada objek
lain.
§ Gaya
Elastis – Gaya elastis adalah gaya yang diberikan oleh objek yang mencoba
kembali ke panjang semulanya. Ini dimodelkan oleh pegas yang telah ditarik oleh
kekuatan eksternal, tetapi menarik kembali ketika mencoba untuk kembali ke
panjang aslinya.
Fakta Menarik tentang Gaya
§ Suatu
benda yang dipercepat dalam gerakan melingkar mengalami gaya “sentripetal”.
§ Empat
gaya fundamental dalam fisika adalah gravitasi, gaya elektromagnetik, gaya
nuklir/inti kuat, dan gaya nuklir/inti lemah.
§ Torsi
adalah jenis gaya yang mengukur perubahan dalam kecepatan rotasi suatu objek.
Torsi adalah fitur penting dari mobil, khususnya truk.
§ Gesekan
adalah gaya yang mengurangi kecepatan suatu objek. Dorongan adalah kekuatan
yang meningkatkan kecepatan suatu objek.
Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi, Eksperimen, dan
Penugasan, dll
3. Model : Discovery Learning
Media, Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media
·
Tab 4 samsung 10
in
Sumber Belajar
1.Buku Teori fisika teknik
2.Buku
referensi dan artikel yang sesuai
3.
https://masteripa.com/pengertian-gaya/
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
1. Memberikan
salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa,
menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2. Memberi
motivasi pada siswa
3. Melakukan
apersepsi dan pretest
4. Menyampaikan
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
|
1. Menjawab
salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab
keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2. Termotivasi
3. Memperhatikan
dan mengerjakan pretest
4. Memperhatikan
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
Menanya
·
Meminta siswa supaya
melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap
obyak yang diamati pada kelompoknya
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencoba/mengumpulkan
informasi
·
Memberikan
permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada
kelompoknya
·
Mengamati, membimbing
, dan menilai kegiatan siswa
Mengasosiasi/menganalisis
informasi
·
Mengarahkan siswa
supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat
kesimpulan
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mengkomunikasikan
·
Meminta untuk membuat
laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·
Meminta setiap
perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek
dan kesimpulan diskusi
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencipta
·
Meminta siswa supaya
mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
|
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan dan
sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan
merumuskan masalah di kelompoknya
Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya
Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis,
dan menyimpulkan
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan dan
kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·
Mempresentasikan
hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya
Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis
dari kegiatan mengkomunikasikan
|
70
menit
|
Penutup
|
1. Mengajak
dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Memberikan
evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3. Memberikan
remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4. Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk
pelajaran terakhir)
|
1. Membuat
rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2. Mengerjakan
tes/ tugas yang diberikan
3. Mencatat
tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4. Memperhatikan
arahan guru (berdoa)
|
10
menit
|
A. PenilaianHasilBelajar
1.
Teknik
Penilaian :
a.
KI-1
dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.
KI-3
dengan Tes Tertulis.
c.
KI-4 dengan
portofolio
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a)
Bentuk
Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.
Sebutkan jenis-jenis vector,
gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan beserta fungsinya ?
2.
Sebutkan dan
jelaskan klasifikasi vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan!
3.
Sebutkan dan
jelaskan metode vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan!
3.
Prosedur
penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
a.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b. Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleransi
di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
|
Dalam pembelajaran dan saat
diskusi (selama kegiatan inti)
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
|
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
|
3.
|
Keterampilan
|
Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang vector, gaya, resultan gaya, dan kesetimbangan
|
Penyelesaian tugas (individu)
|
B. Pedoman
Penskoran dan Penilaian
1.
Indikator
penskoran sikap Toleransi
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
membantu/menawarkan bantuan pada teman dan
guru yang sedang mengalami kesulitan
|
3
|
Sering membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2
|
Kadang-kadang membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
1
|
Tidak pernah membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2.
Indikator
penskoran sikap Kerja sama
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu
tujuan tertentu
|
3
|
Sering mengajak / menawarkan pada
teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
2
|
Kadang-kadang mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
1
|
Tidak pernah mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
3.
Indikator
penskoran Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai 50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100 :
Sangat baik
81 -
90 : Baik
77 -
80 : Cukup
65
– 76 : Kurang
NTB, 23 Agustus 2018
Guru
Mapel,
Khairul
Fuadi, Spd
NIK…………......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar