Minggu, 15 September 2019

RPP TEKNIK PEMESINAN BUBUT Mengevaluasi Kecepatan Putaran Mesin Berdasarkan Table Yang Tersedia Untuk Pemotongan Pembubutan


RPP TEKNIK PEMESINAN BUBUT Mengevaluasi Kecepatan Putaran Mesin Berdasarkan Table Yang Tersedia Untuk Pemotongan Pembubutan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                  : SMK
Nama Sekolah                         : SMK ONDAK JAYA
Mata Pelajaran                        : TEKNIK PEMESINAN BUBUT
Kelas/Semester                        : X TP 1 / GASAL
Materi Pokok/Tema/Topik      : Mengevaluasi kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan
Alokasi Waktu                        : 4 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan                   : 5
Pertemuan Ke                         : 2 dan 3 (4x45menit)

Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
KD 1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut  pada kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut dalam kehidupan sehari-hari.
KD 3. Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut kehidupan sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut.
KD 6. Mengidentifikasi mesin bubut.
KD 7. Mengklasifikasai proses pemesinan bubut.
Indikator
1.      Siswa dapat menjelaskan jenis dan fungsi kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
2.      Siswa dapat menjelaskan kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
3.      Siswa dapat menjelaskan klasifikasi kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa memahami jenis dan fungsi kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
2.      Siswa memahami kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
3.      Siswa mengatahui klasifikasi kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
Materi Ajar/Pembelajaran
A.    kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan

s CARA MEMBACA TABEL MESIN BUBUT UNTUK DERAT METRIK

 TABEL  DERAT METRIK




     Untuk kali ini akan kita bahas dahulu tentang derat metrik atau milimeter.Untuk mementukan tabelnya,carilah kode tabel sesuai dengan kode derat , untuk derat metrik biasanya menggunakan kode seperti pada gambar diatas.Gambar tersebut merupakan kode derat metrik bukan?

MEMBACA TEBEL MESIN BUBUT UNTUK DERAT METRIK
     Jika melihat pada gambar diatas maka akan ada kode angka 1 sampai 15 dan angka romawi I , II, III dan IV.Kode - kode ini sama dengan kode untuk membubut rata atau dengan kata lain merupakan handel untuk eretan mesin bubut.Karena pada dasarnya adalah sama yaitu mengatur gerakan eretaan bawah setiap satu kali putaran mesin / ragum.Jika dalam otomatis rata kita memilih angka yang kecil maka untuk derat maka kita akan memilih sesuai dengan jarak gang deratnya.


     Jika pada tabel untuk bubut rata nilai pada tabel ini merupakan nilai dari cutting speed,karena tabel ini merupakan tabel untuk derat metrik maka nilai pada tabel ini ( didalam kotak merah ) merupakan nilai dari jarak gang sebuah derat.Atau dengan kata lain nilai dari " t " jika melihat kode derat tabel tersebut.Sebagai contoh nilai pada tabel tersebut adalah 1,maka ini digunakan untuk derat dengan jarak gang 1,untuk derat standart biasanya untuk derat M 6 X 1.Ini artinya setiap 1 kali putaran mesin pisau derat akan bergerak sejauh 1 mm.

      Sebagai contoh kita akan membuat derat dengan ukuran M 16 X 2 ,maka lihatlah pada tabel dengan nilai jarak gang 2.Angka 2 terletak pada angka 1 dan romawi II jika kita tarik garis ke samping dan keatas.Maka letakkanlah handel - handel untuk eretan bawah pada angka 1 romawi II,dan " t ".Bagaimana,,mudah bukan?Intinya carilah nilai jarak gangnya kemudian tariklah garis kesamping dan keatas untuk menentukan posisi handel - handel eretan bawahnya.

     Sebagai contoh lain misalnya  untuk derat M 8 X 1.5 maka handel- handelnya terletak pada ,t,angka 8 dan romawi I.Semoga mudah difahami dan ingat ini hanya sebagai acuan pada sebuah mesin.karena ada model tabel lain untuk mesin yang berbeda.Intinya adalah nilai jarak gang dan handel - handel untuk eretan bawah.Sekian,Tukang Bubut amatiran.

Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi, Eksperimen, dan Penugasan, dll
3.      Model              : Discovery Learning

Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media
·         LKS
·         Tab Samsung 4.10
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pemesinan Bubut
2.Buku referensi dan artikel yang sesuai
3. http://sulyhadi28.blogspot.com/2016/02/cara-membaca-tabel-mesin-bubut-untuk_7.html


Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
1.      Memberikan salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa, menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2.      Memberi motivasi pada siswa
3.      Melakukan apersepsi dan pretest
4.      Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian

Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

1.    Menjawab salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2.    Termotivasi
3.    Memperhatikan dan mengerjakan pretest
4.    Memperhatikan


Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan
10 menit
Inti
Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

Menanya
·         Meminta siswa supaya melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap obyak yang diamati pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencoba/mengumpulkan informasi
·         Memberikan permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing , dan menilai kegiatan siswa



Mengasosiasi/menganalisis informasi
·         Mengarahkan siswa supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat kesimpulan
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mengkomunikasikan
·         Meminta untuk membuat laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·         Meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek dan kesimpulan diskusi
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencipta
·         Meminta siswa supaya mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan

Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan

Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan merumuskan masalah di kelompoknya





Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya









Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis, dan menyimpulkan






Mengkomunikasikan
·      Membuat laporan dan kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·      Mempresentasikan hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya






Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
70 menit
Penutup
1.      Mengajak dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2.      Memberikan evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3.      Memberikan remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4.      Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk pelajaran terakhir)
1.    Membuat rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2.    Mengerjakan tes/ tugas yang diberikan
3.    Mencatat tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4.    Memperhatikan arahan guru (berdoa)
10 menit

A.    PenilaianHasilBelajar
1.       Teknik Penilaian :
a.       KI-1 dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.      KI-3 dengan Tes Tertulis.
c.       KI-4 dengan portofolio
2.         Bentuk Instrumen dan Instrumen
a)      Bentuk Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.      Sebutkan kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan beserta fungsinya ?
2.      Sebutkan dan jelaskan klasifikasi kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan!
3.      Sebutkan dan jelaskan metode kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan!
3.       Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap

a.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b.  Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.   Toleransi di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d.  Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
Dalam pembelajaran dan saat diskusi (selama  kegiatan  inti)
2.
Pengetahuan

Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
3.

Keterampilan

Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan

Penyelesaian tugas (individu)

B.     Pedoman Penskoran dan  Penilaian
1.      Indikator penskoran  sikap Toleransi
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
3
Sering membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
2
Kadang-kadang membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
1
Tidak pernah membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan

2.      Indikator penskoran sikap Kerja sama
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
3
Sering mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
2
Kadang-kadang mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
1
Tidak pernah mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu

3.      Indikator penskoran  Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai  50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100            : Sangat baik
81 -  90 : Baik
77 -  80 : Cukup
65 – 76  : Kurang

                                                                                     NTB, 23 Agustus 2018
                                                                                    Guru Mapel,


Khairul Fuadi, Spd
                                                                                    NIK…………......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar