RPP TEKNIK PEMESINAN BUBUT Mengevaluasi Kecepatan Putaran Mesin Berdasarkan Table Yang Tersedia Untuk Pemotongan Pembubutan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMK
Nama
Sekolah : SMK ONDAK JAYA
Mata
Pelajaran : TEKNIK PEMESINAN BUBUT
Kelas/Semester : X TP 1 / GASAL
Materi
Pokok/Tema/Topik : Mengevaluasi kecepatan putaran mesin berdasarkan table
yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 5
Pertemuan
Ke : 2 dan 3 (4x45menit)
Kompetensi Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
KD
1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam
mengaplikasikan teknik pemesinan
bubut pada
kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai
tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut dalam kehidupan
sehari-hari.
KD
3. Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab
dalam mengaplikasikan teknik pemesinan
bubut pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun,
demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam
mengaplikasikan teknik pemesinan bubut kehidupan
sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif,
konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan teknik
pemesinan bubut.
KD
6. Mengidentifikasi mesin bubut.
KD
7. Mengklasifikasai proses pemesinan bubut.
Indikator
1.
Siswa dapat menjelaskan
jenis dan fungsi kecepatan putaran mesin berdasarkan
table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
2.
Siswa dapat menjelaskan
kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang
tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
3. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi kecepatan
putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa memahami
jenis dan fungsi kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk
pemotongan/pembubutan.
2.
Siswa memahami kecepatan
putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
3.
Siswa
mengatahui klasifikasi kecepatan
putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan.
Materi
Ajar/Pembelajaran
A. kecepatan
putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan
s CARA MEMBACA TABEL
MESIN BUBUT UNTUK DERAT METRIK
TABEL DERAT METRIK
Untuk kali
ini akan kita bahas dahulu tentang derat metrik atau milimeter.Untuk mementukan
tabelnya,carilah kode tabel sesuai dengan kode derat , untuk derat metrik
biasanya menggunakan kode seperti pada gambar diatas.Gambar tersebut merupakan
kode derat metrik bukan?
MEMBACA TEBEL MESIN BUBUT UNTUK DERAT
METRIK
Jika melihat pada gambar diatas maka akan ada kode angka 1 sampai
15 dan angka romawi I , II, III dan IV.Kode - kode ini sama dengan kode untuk
membubut rata atau dengan kata lain merupakan handel untuk eretan mesin
bubut.Karena pada dasarnya adalah sama yaitu mengatur gerakan eretaan bawah
setiap satu kali putaran mesin / ragum.Jika dalam otomatis rata kita memilih
angka yang kecil maka untuk derat maka kita akan memilih sesuai dengan jarak
gang deratnya.
Jika pada tabel untuk bubut rata nilai pada tabel ini merupakan
nilai dari cutting speed,karena tabel ini merupakan tabel untuk derat metrik
maka nilai pada tabel ini ( didalam kotak merah ) merupakan nilai dari jarak
gang sebuah derat.Atau dengan kata lain nilai dari " t " jika melihat
kode derat tabel tersebut.Sebagai contoh nilai pada tabel tersebut adalah
1,maka ini digunakan untuk derat dengan jarak gang 1,untuk derat standart
biasanya untuk derat M 6 X 1.Ini artinya setiap 1 kali putaran mesin pisau
derat akan bergerak sejauh 1 mm.
Sebagai contoh kita akan membuat derat dengan ukuran M 16 X 2
,maka lihatlah pada tabel dengan nilai jarak gang 2.Angka 2 terletak pada angka
1 dan romawi II jika kita tarik garis ke samping dan keatas.Maka letakkanlah
handel - handel untuk eretan bawah pada angka 1 romawi II,dan " t
".Bagaimana,,mudah bukan?Intinya carilah nilai jarak gangnya kemudian
tariklah garis kesamping dan keatas untuk menentukan posisi handel - handel
eretan bawahnya.
Sebagai contoh lain misalnya untuk derat M 8 X 1.5 maka
handel- handelnya terletak pada ,t,angka 8 dan romawi I.Semoga
mudah difahami dan ingat ini hanya sebagai acuan pada sebuah mesin.karena ada
model tabel lain untuk mesin yang berbeda.Intinya adalah nilai jarak gang dan
handel - handel untuk eretan bawah.Sekian,Tukang Bubut amatiran.
Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi, Eksperimen, dan
Penugasan, dll
3. Model : Discovery Learning
Media, Alat, Bahan
dan Sumber Belajar
Media
·
LKS
·
Tab Samsung 4.10
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pemesinan Bubut
2.Buku
referensi dan artikel yang sesuai
3. http://sulyhadi28.blogspot.com/2016/02/cara-membaca-tabel-mesin-bubut-untuk_7.html
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
1. Memberikan
salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa,
menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2. Memberi
motivasi pada siswa
3. Melakukan
apersepsi dan pretest
4. Menyampaikan
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
|
1. Menjawab
salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab
keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2. Termotivasi
3. Memperhatikan
dan mengerjakan pretest
4. Memperhatikan
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
Menanya
·
Meminta siswa supaya
melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap
obyak yang diamati pada kelompoknya
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencoba/mengumpulkan
informasi
·
Memberikan
permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada
kelompoknya
·
Mengamati, membimbing
, dan menilai kegiatan siswa
Mengasosiasi/menganalisis
informasi
·
Mengarahkan siswa
supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat
kesimpulan
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mengkomunikasikan
·
Meminta untuk membuat
laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·
Meminta setiap
perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek
dan kesimpulan diskusi
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencipta
·
Meminta siswa supaya
mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
|
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan
merumuskan masalah di kelompoknya
Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya
Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis,
dan menyimpulkan
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan dan
kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·
Mempresentasikan
hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya
Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis
dari kegiatan mengkomunikasikan
|
70
menit
|
Penutup
|
1. Mengajak
dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Memberikan
evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3. Memberikan
remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4. Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk
pelajaran terakhir)
|
1. Membuat
rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2. Mengerjakan
tes/ tugas yang diberikan
3. Mencatat
tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4. Memperhatikan
arahan guru (berdoa)
|
10
menit
|
A. PenilaianHasilBelajar
1.
Teknik
Penilaian :
a.
KI-1
dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.
KI-3
dengan Tes Tertulis.
c.
KI-4 dengan
portofolio
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a)
Bentuk
Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.
Sebutkan kecepatan putaran mesin
berdasarkan table yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan beserta fungsinya ?
2.
Sebutkan dan
jelaskan klasifikasi kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia
untuk pemotongan/pembubutan!
3.
Sebutkan dan
jelaskan metode kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang tersedia untuk
pemotongan/pembubutan!
3.
Prosedur
penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
a.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b. Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleransi
di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
|
Dalam pembelajaran dan saat
diskusi (selama kegiatan inti)
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang
tersedia untuk pemotongan/pembubutan
|
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
|
3.
|
Keterampilan
|
Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang kecepatan putaran mesin berdasarkan table yang
tersedia untuk pemotongan/pembubutan
|
Penyelesaian tugas (individu)
|
B. Pedoman
Penskoran dan Penilaian
1.
Indikator
penskoran sikap Toleransi
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
membantu/menawarkan bantuan pada teman dan
guru yang sedang mengalami kesulitan
|
3
|
Sering membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang sedang
mengalami kesulitan
|
2
|
Kadang-kadang membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
1
|
Tidak pernah membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2.
Indikator
penskoran sikap Kerja sama
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu
tujuan tertentu
|
3
|
Sering mengajak / menawarkan pada
teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
2
|
Kadang-kadang mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
1
|
Tidak pernah mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
3.
Indikator
penskoran Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai 50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100 :
Sangat baik
81 -
90 : Baik
77 -
80 : Cukup
65
– 76 : Kurang
NTB, 23 Agustus 2018
Guru
Mapel,
Khairul
Fuadi, Spd
NIK…………......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar