Sabtu, 14 September 2019

RPP - Menganalisis Strategi Penggunaan Perkakas Bertenaga/Operasi Di Genggam


RPP - Menganalisis Strategi Penggunaan Perkakas Bertenaga/Operasi Di Genggam
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                  : SMK
Nama Sekolah                         : SMK ONDAK JAYA
Mata Pelajaran                        : PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN
Kelas/Semester                        : X TP 1 / GASAL
Materi Pokok/Tema/Topik      : Menganalisis Strategi penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam
Alokasi Waktu                        : 4 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan                   : 5
Pertemuan Ke                         : 2 dan 3 (4x45menit)

Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
KD 1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin  pada kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin dalam kehidupan sehari-hari.
KD 3. Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kehidupan sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin.
KD 6. Mengidentifikasi Pengetahuan Dasar Teknik Mesin.
KD 7. Mengklasifikasai proses Pengetahuan Dasar Teknik Mesin.
Indikator
1.      Siswa dapat menjelaskan jenis dan fungsi penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
2.      Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
3.      Siswa dapat menjelaskan klasifikasi proses penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa memahami jenis dan fungsi penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
2.      Siswa memahami bagian-bagian penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
3.      Siswa mengatahui klasifikasi proses penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
Materi Ajar/Pembelajaran
penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam

Perkakas tangan merupakan beberapa alat yang dijual oleh toko perkakas, yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan baik dalam segi penandaan, permesinan, penandaan, pemahatan, pengerokan, dan lainnya. Biasanya, beragam macam perkakas tangan yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan ini, digunakan secara manual dengan memanfaatkan kekuatan tangan atau tenaga manusia tanpa adanya bantuan tenaga mesin. Menggunakan berbagai macam perkakas tangan ini tidaklah terlalu berbahaya, jika dibandingkan dengan penggunaan perkakas elektrik.
Banyaknya, jenis perkakas tangan yang dijual membuat kita pun terkadang bingung, akan nama sekaligus fungsi yang diberikan oleh semua alat perkakasnya. Benar? Nah, agar kalian tidak bingung dengan nama dan fungsi yang diberikan oleh setiap alat perkakas tangan, maka di bawah ini akan dijelaskan beberapa diantaranya:
  1. Ragum. Ragum merupakan alat perkakas tangan yang digunakan untuk menjepit sebuah benda, yang akan dipahat, dikikir, digerjaji, ditap, dan lainnya. Cara penggunaan alat perkakas yang satu ini pun cukup mudah, dimana hanya memutar tangkai ragum, lalu mulut ragum akan terbuka dan akan menjepit benda yang mau dipahat, dikikir, digergaji, dan lainnya. Sedikit saran! Ketika menggunakan ragum ini, jagalah baik-baik mulut ragum agar tidak terjadi kerusakan. Jika mulut ragum rusak, bisa dipastikan kalian tidak akan bisa menggunakannya lagi.
  2. Kikir. Kikir adalah sebuah alat perkakas tangan yang berfungsi untuk menghaluskan, mengikis, serta meratakan benda kerja. Kikir sendiri memiliki banyak jenis dengan kegunaan yang sangat berbeda. Contohnya saja, ada Kikir Plat yang digunakan untuk mengukir bidan rata, Kikir Pilar berfungsi untuk bidang yang berukuran besa, Kikir Segiempat berguna untuk mengukir penampang berbentuk persegi dan lubang segiempat, Kikir Segitiga yang difungsikan untuk lubang setigia, dan lainnya.
  3. Pahat tangan. Pahat tangan berguna untuk menyayat sekaligus memahat benda dalam keadaan dingin. Pahat tangan terdiri dari beberapa jenis menurut bentuk dan kegunaannya. Dimana, ada Pahat Plat yang berfungsi untuk mengikis bidang cembung, memotong baut, meratakan bidang. Lalu, ada pahat alur atau silang yang berfungsi untuk membuat alur minyak, dan alur sempit. Ada lagi, Pahat Dam yang berfungsi untuk memperbaiki pengeboran, membuat alur, dan lainnya.
  4. Palu. Palu merupakan salah satu jenis perkakas tangan yang berfungsi untuk memukul benda keras, yang terbuat dari baja dengan kedua ujungnya di keraskan. Terdapat banya jenis palu yang bisa digunakan contohnya palu pencabut paku, palu pemecah batu, palu berkapak, palu muka simetris, dan lainnya.
  5. Obeng. Obeng adalah alat perkakas tangan yang digunakan untuk mengencangkan sebuah sekrup. Berdasarkan penggunaannya, obeng sendiri digunakan sesuai dengan nomornya, ada nomor 1, 2, 3.
  6. Gergaji tangan. Gergaji tangan berfungsi untuk memotong sebuah benda. Di setiap sisi gergaji, terdapat gigi pemotong yang bergerigi dan dikeraskan. Daun gergaji tangan sendiri terbuat dari baja perkakas sekaligus baja tungsten.


Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi, Eksperimen, dan Penugasan, dll
3.      Model              : Discovery Learning

Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media
·         LKS
·         Tab Samsung 4.10
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pengetahuan Dasar Teknik Mesin
2.Buku referensi dan artikel yang sesuai
3. http://seizurechicken.com/beragam-perkakas-tangan-dan-fungsinya/

Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
1.      Memberikan salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa, menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2.      Memberi motivasi pada siswa
3.      Melakukan apersepsi dan pretest
4.      Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian

Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

1.    Menjawab salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2.    Termotivasi
3.    Memperhatikan dan mengerjakan pretest
4.    Memperhatikan


Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan
10 menit
Inti
Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

Menanya
·         Meminta siswa supaya melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap obyak yang diamati pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencoba/mengumpulkan informasi
·         Memberikan permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing , dan menilai kegiatan siswa



Mengasosiasi/menganalisis informasi
·         Mengarahkan siswa supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat kesimpulan
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mengkomunikasikan
·         Meminta untuk membuat laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·         Meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek dan kesimpulan diskusi
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencipta
·         Meminta siswa supaya mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan

Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan

Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan merumuskan masalah di kelompoknya





Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya









Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis, dan menyimpulkan






Mengkomunikasikan
·      Membuat laporan dan kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·      Mempresentasikan hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya






Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
70 menit
Penutup
1.      Mengajak dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2.      Memberikan evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3.      Memberikan remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4.      Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk pelajaran terakhir)
1.    Membuat rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2.    Mengerjakan tes/ tugas yang diberikan
3.    Mencatat tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4.    Memperhatikan arahan guru (berdoa)
10 menit

A.    PenilaianHasilBelajar
1.       Teknik Penilaian :
a.       KI-1 dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.      KI-3 dengan Tes Tertulis.
c.       KI-4 dengan portofolio
2.         Bentuk Instrumen dan Instrumen
a)      Bentuk Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.      Sebutkan jenis-jenis penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam beserta fungsinya ?
2.      Sebutkan dan jelaskan klasifikasi proses penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam !
3.      Sebutkan dan jelaskan metode penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam !
3.       Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap

a.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b.  Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.   Toleransi di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d.  Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
Dalam pembelajaran dan saat diskusi (selama  kegiatan  inti)
2.
Pengetahuan

Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
3.

Keterampilan

Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam

Penyelesaian tugas (individu)

B.     Pedoman Penskoran dan  Penilaian
1.      Indikator penskoran  sikap Toleransi
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
3
Sering membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
2
Kadang-kadang membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
1
Tidak pernah membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan

2.      Indikator penskoran sikap Kerja sama
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
3
Sering mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
2
Kadang-kadang mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
1
Tidak pernah mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu

3.      Indikator penskoran  Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai  50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100            : Sangat baik
81 -  90 : Baik
77 -  80 : Cukup
65 – 76  : Kurang

                                                                                     Yogyakarta, 23 Agustus 2014
                                                                                    Guru Mapel,


Khairul Fuadi, Spd
                                                                                    NIK…………......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar