RPP - Menganalisis Strategi Penggunaan Perkakas Bertenaga/Operasi Di Genggam
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMK
Nama
Sekolah : SMK ONDAK JAYA
Mata
Pelajaran : PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN
Kelas/Semester : X TP 1 / GASAL
Materi
Pokok/Tema/Topik : Menganalisis Strategi penggunaan perkakas bertenaga/
oprasi digenggam
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 5
Pertemuan
Ke : 2 dan 3 (4x45menit)
Kompetensi Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
KD
1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam
mengaplikasikan Pengetahuan
Dasar Teknik Mesin pada
kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai
tuntunan dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin dalam kehidupan
sehari-hari.
KD
3. Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab
dalam mengaplikasikan Pengetahuan
Dasar Teknik Mesin pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun,
demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam
mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kehidupan
sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif,
konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan Pengetahuan
Dasar Teknik Mesin.
KD
6. Mengidentifikasi Pengetahuan
Dasar Teknik Mesin.
KD
7. Mengklasifikasai proses Pengetahuan Dasar Teknik Mesin.
Indikator
1.
Siswa dapat menjelaskan
jenis dan fungsi penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi
digenggam.
2.
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian
penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
3. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi proses penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa memahami
jenis dan fungsi penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
2.
Siswa memahami bagian-bagian penggunaan
perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
3.
Siswa
mengatahui klasifikasi proses penggunaan
perkakas bertenaga/ oprasi digenggam.
Materi
Ajar/Pembelajaran
penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam
Perkakas tangan
merupakan beberapa alat yang dijual oleh toko perkakas,
yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan baik dalam segi penandaan,
permesinan, penandaan, pemahatan, pengerokan, dan lainnya. Biasanya, beragam
macam perkakas tangan yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan ini, digunakan
secara manual dengan memanfaatkan kekuatan tangan atau tenaga manusia tanpa
adanya bantuan tenaga mesin. Menggunakan berbagai macam perkakas tangan ini
tidaklah terlalu berbahaya, jika dibandingkan dengan penggunaan perkakas
elektrik.
Banyaknya,
jenis perkakas tangan yang dijual membuat kita pun terkadang bingung, akan nama
sekaligus fungsi yang diberikan oleh semua alat perkakasnya. Benar? Nah, agar
kalian tidak bingung dengan nama dan fungsi yang diberikan oleh setiap alat
perkakas tangan, maka di bawah ini akan dijelaskan beberapa diantaranya:
- Ragum. Ragum merupakan alat perkakas tangan yang
digunakan untuk menjepit sebuah benda, yang akan dipahat, dikikir,
digerjaji, ditap, dan lainnya. Cara penggunaan alat perkakas yang satu ini
pun cukup mudah, dimana hanya memutar tangkai ragum, lalu mulut ragum akan
terbuka dan akan menjepit benda yang mau dipahat, dikikir, digergaji, dan
lainnya. Sedikit saran! Ketika menggunakan ragum ini, jagalah baik-baik
mulut ragum agar tidak terjadi kerusakan. Jika mulut ragum rusak, bisa
dipastikan kalian tidak akan bisa menggunakannya lagi.
- Kikir. Kikir adalah sebuah alat perkakas tangan
yang berfungsi untuk menghaluskan, mengikis, serta meratakan benda kerja.
Kikir sendiri memiliki banyak jenis dengan kegunaan yang sangat berbeda.
Contohnya saja, ada Kikir Plat yang digunakan untuk mengukir bidan rata,
Kikir Pilar berfungsi untuk bidang yang berukuran besa, Kikir Segiempat
berguna untuk mengukir penampang berbentuk persegi dan lubang segiempat,
Kikir Segitiga yang difungsikan untuk lubang setigia, dan lainnya.
- Pahat tangan. Pahat tangan berguna untuk
menyayat sekaligus memahat benda dalam keadaan dingin. Pahat tangan
terdiri dari beberapa jenis menurut bentuk dan kegunaannya. Dimana, ada
Pahat Plat yang berfungsi untuk mengikis bidang cembung, memotong baut,
meratakan bidang. Lalu, ada pahat alur atau silang yang berfungsi untuk
membuat alur minyak, dan alur sempit. Ada lagi, Pahat Dam yang berfungsi
untuk memperbaiki pengeboran, membuat alur, dan lainnya.
- Palu. Palu merupakan salah satu jenis perkakas
tangan yang berfungsi untuk memukul benda keras, yang terbuat dari baja
dengan kedua ujungnya di keraskan. Terdapat banya jenis palu yang bisa
digunakan contohnya palu pencabut paku, palu pemecah batu, palu berkapak,
palu muka simetris, dan lainnya.
- Obeng. Obeng adalah alat perkakas tangan yang
digunakan untuk mengencangkan sebuah sekrup. Berdasarkan penggunaannya,
obeng sendiri digunakan sesuai dengan nomornya, ada nomor 1, 2, 3.
- Gergaji tangan. Gergaji tangan berfungsi untuk memotong
sebuah benda. Di setiap sisi gergaji, terdapat gigi pemotong yang
bergerigi dan dikeraskan. Daun gergaji tangan sendiri terbuat dari baja
perkakas sekaligus baja tungsten.
Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi, Eksperimen, dan
Penugasan, dll
3. Model : Discovery Learning
Media, Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media
·
LKS
·
Tab Samsung 4.10
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pengetahuan Dasar Teknik Mesin
2.Buku
referensi dan artikel yang sesuai
3. http://seizurechicken.com/beragam-perkakas-tangan-dan-fungsinya/
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
1. Memberikan
salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa,
menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2. Memberi
motivasi pada siswa
3. Melakukan
apersepsi dan pretest
4. Menyampaikan
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
|
1. Menjawab
salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab
keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2. Termotivasi
3. Memperhatikan
dan mengerjakan pretest
4. Memperhatikan
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
Menanya
·
Meminta siswa supaya
melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap
obyak yang diamati pada kelompoknya
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencoba/mengumpulkan
informasi
·
Memberikan
permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada
kelompoknya
·
Mengamati, membimbing
, dan menilai kegiatan siswa
Mengasosiasi/menganalisis
informasi
·
Mengarahkan siswa
supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat
kesimpulan
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mengkomunikasikan
·
Meminta untuk membuat
laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·
Meminta setiap
perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek
dan kesimpulan diskusi
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencipta
·
Meminta siswa supaya
mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
|
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan
merumuskan masalah di kelompoknya
Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya
Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis,
dan menyimpulkan
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan dan
kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·
Mempresentasikan
hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya
Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis
dari kegiatan mengkomunikasikan
|
70
menit
|
Penutup
|
1. Mengajak
dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Memberikan
evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3. Memberikan
remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4. Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk pelajaran
terakhir)
|
1. Membuat
rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2. Mengerjakan
tes/ tugas yang diberikan
3. Mencatat
tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4. Memperhatikan
arahan guru (berdoa)
|
10
menit
|
A. PenilaianHasilBelajar
1.
Teknik
Penilaian :
a.
KI-1
dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.
KI-3
dengan Tes Tertulis.
c.
KI-4 dengan
portofolio
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a)
Bentuk
Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.
Sebutkan jenis-jenis penggunaan
perkakas bertenaga/ oprasi digenggam beserta
fungsinya ?
2.
Sebutkan dan
jelaskan klasifikasi proses penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam !
3.
Sebutkan dan
jelaskan metode penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam !
3.
Prosedur
penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
a.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b. Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleransi
di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
|
Dalam pembelajaran dan saat
diskusi (selama kegiatan inti)
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam
|
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
|
3.
|
Keterampilan
|
Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang penggunaan perkakas bertenaga/ oprasi digenggam
|
Penyelesaian tugas (individu)
|
B. Pedoman
Penskoran dan Penilaian
1.
Indikator
penskoran sikap Toleransi
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
membantu/menawarkan bantuan pada teman dan
guru yang sedang mengalami kesulitan
|
3
|
Sering membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2
|
Kadang-kadang membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
1
|
Tidak pernah membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2.
Indikator
penskoran sikap Kerja sama
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu
tujuan tertentu
|
3
|
Sering mengajak / menawarkan pada
teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
2
|
Kadang-kadang mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
1
|
Tidak pernah mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
3.
Indikator
penskoran Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai 50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100 :
Sangat baik
81 -
90 : Baik
77 -
80 : Cukup
65
– 76 : Kurang
Yogyakarta, 23 Agustus 2014
Guru
Mapel,
Khairul
Fuadi, Spd
NIK…………......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar