Sabtu, 14 September 2019

Rpp - Menerapkan Prosedur Pengoprasian Mesin Umum


Rpp - Menerapkan Prosedur Pengoprasian Mesin Umum
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                  : SMK
Nama Sekolah                         : SMK ONDAK JAYA
Mata Pelajaran                        : PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN
Kelas/Semester                        : X TP 1 / GASAL
Materi Pokok/Tema/Topik      : Menerapkan prosedur pengoprasian mesin umum
Alokasi Waktu                        : 4 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan                   : 6
Pertemuan Ke                         : 2 dan 3 (4x45menit)

Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
KD 1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin  pada kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin dalam kehidupan sehari-hari.
KD 3. Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kehidupan sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin.
KD 6. Mengidentifikasi Pengetahuan Dasar Teknik Mesin.
KD 7. Mengklasifikasai proses Pengetahuan Dasar Teknik Mesin.
Indikator
1.      Siswa dapat menjelaskan jenis dan fungsi pengoprasian mesin umum.
2.      Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian utama pengoprasian mesin umum.
3.      Siswa dapat menjelaskan klasifikasi proses pengoprasian mesin umum.

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa memahami jenis dan fungsi pengoprasian mesin umum.
2.      Siswa memahami bagian-bagian utama pengoprasian mesin umum.
3.      Siswa mengatahui klasifikasi proses pengoprasian mesin umum.
Materi Ajar/Pembelajaran
pengoprasian mesin umum
Jenis Jenis Mesin Perkakas/Produksi 

Mesin-mesin perkakas berikut ini merupakan mesin yang biasanya digunakan pada Perbengkelan,
Industri, sekolah menengah kejuruan (SMK) Mahasiswa Teknik Mesin dan kalangan umum.
Mesin-mesin produksi/perkakas ini digunakan untuk memproduksi dan mempabrikasi suatu jenis 
barang baru. Umumnya benda kerja yang dikerjakan ialah baja dan logam lainnya.

Berikut beberapa mesin produksi/perkakas yang umum digunakan di Industri,Perbengkelan, Sekolah
dan Universitas.

1. Mesin Bubut
    

    Mesin bubut merupakan mesin perkakas yang umumnya digunakan untuk memotong benda 
    yang berputar, membuat lubang, dsb.

    Proses pembubutan/pemakanan dilakukan dengan memutar benda kerja dan kemudian dikenakan 
    pada pahat sehingga terjadi penyayatan. Mesin bubut terdiri dari berbagai ukuran, bentuk dan 
    kapasitas mesin.

2. Mesin Frais (Milling Machine)


    Mesin frais merupakan mesin perkakas yang memiliki banyak fungsi diantaranya untuk meratakan
    permukaan, pengeboran, membuat alur, membuat siku, dsb. Ini diakibatkan mesin frais memiliki
    banyak jenis pisau/cutter sesuai dengan benda yang dikerjakan.
    Umumnya mesin frais terdiri dari mesin faris Horizontal, Vertikal dan Universal dan setiap jenis mesin
    ini memiliki jenisnya lagi.
3. Mesin Sekrap

    Mesin sekrap merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk meratakan suatu permukaan,
    membuat alur dengan menyayatkan pisau/pahat sekrap pada permukaan benda kerja.
    Proses kerjanya ialah dengan mengikatkan benda kerja pada pada plat penjepit kemudian pisau
    akan bergerak maju-mundur menyayat benda kerja.
4. Mesin Bor

    Mesin bor merupakan mesin perkakas yang berfungsi membuat suatu lubang dan memperbesar
    lubang. Mesin bor umunya terdiri dari mesin bor meja, bor lantai, bor radial, bor kordinat dan
    bor tangan.
5. CNC



    Computer Numeral Control (CNC) merupakan mesin perkakas dengan sistem otomasi yang 
   dioperasikan menggunakan program komputer yang telah disimpan di media penyimpanan(komputer)
6. Mesin Gerinda
    
    Mesin gerinda merupakan mesin perkakas yang umumnya digunakan untuk meratakan, mengasah   
    (pisau/mata bor, pahat dsb.) menajamkan dan memotong benda kerja. Mesin gerinda umumnya 
    terdiri dari berbagai jenis dan ukuran diantaranya gerinda potong, gerinda tangan, gerinda pahat dll.
7. Mesin Gergaji
           

    Mesin gergaji merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda kerja, umumnya
    benda kerja yang dipotong adalah benda kerja yang cukup besar yang membutuhkan tenaga besar.
    Mesin gergaji terdiri dari berbagai jenis dan ukuran tergantung kebutuhan.


8. Mesin Potong
    

    Mesin potong merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk memotong plat-palat baja.
    Umumnya plat yang dapat dipotong adalah plat dengan ketebalan 1-5mm namun mesin potong 
    yang besar mampu memotong plat 1-20mm atau lebih tergantung ukuran mesin dan kemampuannya.
  

9. Mesin Lipat Plat
    
  
    Mesin lipat merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk melipat (menekuk) plat-plat baja 
    dengan sudut-sudut tertentu. Mesin ini sebenarnya hanya menggunakan tenaga manusia untuk 
    melipat plat-plat baja dengan menarik tuas-tuas(handle).

10. Mesin Press
       

       Mesin press merupakan mesin perkakas yang berfungsi untuk pengepresaan(menekan) bagian
       plat, bearing, AS yang tidak rata menjadi rata. Mesin press juga digunakan untuk memadatkan 
       suatu tumpukan. Mesin press terdiri dari berbagai jenis dan ukuran tergantung bahan apa yang 
       akan di press.
11. Mesin Las
  

     Mesin las banyak digunakan pada perbengkelan khususnya bengkel las, mesin las umumnya
     digunakan untuk menyambung logam, memotong logam dsb. Mesin las terdiri dari berbagai 
     jenis antara lain las listrik, las karbit, las astelin, las titik, las potong dll.

Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi, Eksperimen, dan Penugasan, dll
3.      Model              : Discovery Learning

Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media
·         LKS
·         Tab Samsung 4.10
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pengetahuan Dasar Teknik Mesin
2.Buku referensi dan artikel yang sesuai
3. http://lediansyahsaputra.blogspot.com/2014/11/jenis-jenis-mesin-perkakasproduksi.html


Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
1.      Memberikan salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa, menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2.      Memberi motivasi pada siswa
3.      Melakukan apersepsi dan pretest
4.      Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian

Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

1.    Menjawab salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2.    Termotivasi
3.    Memperhatikan dan mengerjakan pretest
4.    Memperhatikan


Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan
10 menit
Inti
Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

Menanya
·         Meminta siswa supaya melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap obyak yang diamati pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencoba/mengumpulkan informasi
·         Memberikan permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing , dan menilai kegiatan siswa



Mengasosiasi/menganalisis informasi
·         Mengarahkan siswa supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat kesimpulan
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mengkomunikasikan
·         Meminta untuk membuat laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·         Meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek dan kesimpulan diskusi
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencipta
·         Meminta siswa supaya mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan

Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan

Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan merumuskan masalah di kelompoknya





Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya









Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis, dan menyimpulkan






Mengkomunikasikan
·      Membuat laporan dan kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·      Mempresentasikan hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya






Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
70 menit
Penutup
1.      Mengajak dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2.      Memberikan evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3.      Memberikan remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4.      Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk pelajaran terakhir)
1.    Membuat rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2.    Mengerjakan tes/ tugas yang diberikan
3.    Mencatat tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4.    Memperhatikan arahan guru (berdoa)
10 menit

A.    PenilaianHasilBelajar
1.       Teknik Penilaian :
a.       KI-1 dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.      KI-3 dengan Tes Tertulis.
c.       KI-4 dengan portofolio
2.         Bentuk Instrumen dan Instrumen
a)      Bentuk Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.      Sebutkan jenis-jenis pengoprasian mesin umum beserta fungsinya ?
2.      Sebutkan dan jelaskan klasifikasi proses pengoprasian mesin umum!
3.      Sebutkan dan jelaskan metode proses pengoprasian mesin umum !
3.       Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap

a.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b.  Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.   Toleransi di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d.  Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
Dalam pembelajaran dan saat diskusi (selama  kegiatan  inti)
2.
Pengetahuan

Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai pengoprasian mesin umum
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
3.

Keterampilan

Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang pengoprasian mesin umum

Penyelesaian tugas (individu)

B.     Pedoman Penskoran dan  Penilaian
1.      Indikator penskoran  sikap Toleransi
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
3
Sering membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
2
Kadang-kadang membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
1
Tidak pernah membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan

2.      Indikator penskoran sikap Kerja sama
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
3
Sering mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
2
Kadang-kadang mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
1
Tidak pernah mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu

3.      Indikator penskoran  Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai  50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100            : Sangat baik
81 -  90 : Baik
77 -  80 : Cukup
65 – 76  : Kurang

                                                                                     Yogyakarta, 23 Agustus 2014
                                                                                    Guru Mapel,


Khairul Fuadi, Spd
                                                                                    NIK…………......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar