RPP DPTM- Menganalisis system gaya aksi dan reaksi dari macam macam tumpuan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMK
Nama
Sekolah : SMK ONDAK JAYA
Mata
Pelajaran : DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN
Kelas/Semester : X TP 1 / GASAL
Materi
Pokok/Tema/Topik : Menganalisis system gaya aksi dan reaksi dari macam
macam tumpuan
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 13
Pertemuan
Ke : 2 dan 3 (4x45menit)
Kompetensi Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
KD
1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam
mengaplikasikan system gaya aksi
dan reaksi dari macam macam tumpuan pada kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai
tuntunan dalam mengaplikasikan system gaya aksi dan reaksi dari macam macam
tumpuan dalam kehidupan sehari-hari.
KD
3. Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab
dalam mengaplikasikan system gaya aksi
dan reaksi dari macam macam tumpuan pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun,
demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam
mengaplikasikan system gaya aksi dan reaksi dari macam macam
tumpuan kehidupan sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif,
konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan system gaya
aksi dan reaksi dari macam macam tumpuan.
KD
6. Mengidentifikasi system
gaya aksi dan reaksi dari macam macam tumpuan.
KD
7. Mengklasifikasai system
gaya aksi dan reaksi dari macam macam tumpuan
Indikator
1.
Siswa dapat menjelaskan
jenis dan fungsi system gaya aksi dan reaksi dari
macam macam tumpuan.
2.
Siswa dapat menjelaskan
system gaya aksi dan reaksi dari macam macam
tumpuan
3. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi system
gaya aksi dan reaksi dari macam macam tumpuan.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa memahami
jenis dan fungsi system gaya aksi dan reaksi dari macam macam
tumpuan
2.
Siswa memahami system
gaya aksi dan reaksi dari macam macam tumpuan
3.
Siswa
mengatahui klasifikasi system gaya aksi
dan reaksi dari macam macam tumpuan
Materi
Ajar/Pembelajaran
A. system gaya
aksi dan reaksi dari macam macam
tumpuan
Tumpuan juga dikatakan
dengan landasan dimana sebuah balok akan diletakkan kepadanya. Dalam ilmu
konstruksi dikenal ada 3 jenis Tumpuan yaitu : Tumpuan Sendi, Tumpuan Rol
dan Tumpuan Jepit.
a)
Tumpuan Sendi
Tumpuan Sendi atau
engsel adalah merupakan salah satu tempat untuk bertumpunya sebatang
balok. Tumpuan Sendi dapat menahan gaya tekan, tarik dari berbagai arah
vertikal dan horizontal, gaya tekan dan tarik ini tetap akan melalui pusat
sendi. Tumpuan sendi tidak dapat menahan momen atau meneruskan momen.
Gaya Reaksi sendi ini dapat diproyeksikan pada arah vertikal dan horizontal.
b) Tumpuan Rol
Tumpuan Rol ini tidak
dapat menahan gaya tarik dan tekan sembarang arah . Tumpuan ini hanya bisa
menahan gaya tekan dan gaya tarik berarah vertikal saja. Tumpuan rol tidak
dapat menahan momen atau meneruskan momen. Gaya Reaksi rol ini dapat
diproyeksikan pada arah vertikal .
c) Tumpuan Jepit
Tumpuan Jepit ini
membuat Balok dalam keadaan kaku, justru karenanya dapat meneruskan gaya tarik
dan tekan dengan sembarang arah disamping itu juga dapat meneruskan momen.
Dengan demikian tumpuan jepit ini dapat menahan Gaya Vertikal, Gaya Horizontal
dan Momen.
d)
Penentuan Reaksi
Adanya gaya aksi yang
bekerja pada suatu balok dimana balok ditumpu oleh dua tumpuan, maka akan
menimbulkan gaya reaksi guna menjaga kesetimbangan. Gaya-gaya reaksi ini akan
bekerja pada titik-titik tumpuan. Sebagaimana dikemukakan terdahulu sesuai
dengan hukum Newton, gaya aksi sama dengan gaya reaksi. Gaya aksi yang
merupakan gaya-gaya yang bekerjapada balok adalah merupakan gaya-gaya yang
diketahui besarnya, sedangkan gaya reaksi merupakan gaya yang akan dihitung.
Untuk mendapatkan gaya reaksi ini maka berlaku hukum keseimbangan momen,
gaya vertikal, dan gaya horizontal. Jelasnya penjumlahan momen adalah 0 (nol),
dapat disimpulkan ∑M=0. Demikian juga terhadap penjumlahan gaya-gaya vertikal
dan horizontal sama dengan 0 (nol) dan dapat disimpulkan : ∑V=0 dan ∑H=0.
e)
Momen
Momen sebagaimana
batasan yang sudah dikemukakan adalah merupakan Gaya dikali dengan Jarak. Momen
(M) merupakan gaya (P) dengan satuan ton (t) dikalikan Jarak (L) dengan satuan
meter (m), dari perkalian ini akan didapatkan satuan momen yaitu ton meter
(t.m). Perhitungan Momen ini juga memakai prinsip-prinsip kesetimbangan.
Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi, Eksperimen, dan
Penugasan, dll
3. Model : Discovery Learning
Media, Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media
·
Tab 4 samsung 10
in
Sumber Belajar
1.Buku Teori mekanika
2.Buku
referensi dan artikel yang sesuai
3. https://www.gurusipil.com/jenis-jenis-tumpuan-dalam-mekanika-teknik/
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
1. Memberikan
salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa,
menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2. Memberi
motivasi pada siswa
3. Melakukan
apersepsi dan pretest
4. Menyampaikan
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
|
1. Menjawab
salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab
keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2. Termotivasi
3. Memperhatikan
dan mengerjakan pretest
4. Memperhatikan
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
Menanya
·
Meminta siswa supaya
melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap
obyak yang diamati pada kelompoknya
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencoba/mengumpulkan
informasi
·
Memberikan
permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada
kelompoknya
·
Mengamati, membimbing
, dan menilai kegiatan siswa
Mengasosiasi/menganalisis
informasi
·
Mengarahkan siswa
supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat
kesimpulan
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mengkomunikasikan
·
Meminta untuk membuat
laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·
Meminta setiap
perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek
dan kesimpulan diskusi
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencipta
·
Meminta siswa supaya
mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
|
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan
merumuskan masalah di kelompoknya
Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya
Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis,
dan menyimpulkan
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan dan
kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·
Mempresentasikan
hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya
Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis
dari kegiatan mengkomunikasikan
|
70
menit
|
Penutup
|
1. Mengajak
dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Memberikan
evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3. Memberikan
remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4. Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk
pelajaran terakhir)
|
1. Membuat
rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2. Mengerjakan
tes/ tugas yang diberikan
3. Mencatat
tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4. Memperhatikan
arahan guru (berdoa)
|
10
menit
|
A. PenilaianHasilBelajar
1.
Teknik
Penilaian :
a.
KI-1
dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.
KI-3
dengan Tes Tertulis.
c.
KI-4 dengan
portofolio
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a)
Bentuk
Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.
Sebutkan jenis-jenis system gaya
aksi dan reaksi dari macam macam tumpuan beserta
fungsinya ?
2.
Sebutkan dan
jelaskan klasifikasi system gaya aksi dan reaksi dari macam macam
tumpuan!
3.
Sebutkan dan
jelaskan system gaya aksi dan reaksi dari macam macam
tumpuan!
3.
Prosedur
penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
a.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b. Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleransi
di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
|
Dalam pembelajaran dan saat
diskusi (selama kegiatan inti)
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai system gaya aksi dan reaksi dari macam macam
tumpuan
|
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
|
3.
|
Keterampilan
|
Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang system gaya aksi dan reaksi dari macam macam
tumpuan
|
Penyelesaian tugas (individu)
|
B. Pedoman
Penskoran dan Penilaian
1.
Indikator
penskoran sikap Toleransi
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
membantu/menawarkan bantuan pada teman dan
guru yang sedang mengalami kesulitan
|
3
|
Sering membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2
|
Kadang-kadang membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
1
|
Tidak pernah membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2.
Indikator
penskoran sikap Kerja sama
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu
tujuan tertentu
|
3
|
Sering mengajak / menawarkan pada
teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
2
|
Kadang-kadang mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
1
|
Tidak pernah mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
3.
Indikator
penskoran Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai 50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100 :
Sangat baik
81 -
90 : Baik
77 -
80 : Cukup
65
– 76 : Kurang
NTB, 23 Agustus 2018
Guru
Mapel,
Khairul
Fuadi, Spd
NIK…………......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar