Minggu, 15 September 2019

RPP TEKNIK PEMESINAN BUBUT - Menganalisis Alat Potong Untuk Sesuai Keperluan


RPP TEKNIK PEMESINAN BUBUT - Menganalisis Alat Potong Untuk Sesuai Keperluan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                  : SMK
Nama Sekolah                         : SMK ONDAK JAYA
Mata Pelajaran                        : TEKNIK PEMESINAN BUBUT
Kelas/Semester                        : X TP 1 / GASAL
Materi Pokok/Tema/Topik      : Menganalisis alat potong untuk sesuai keperluan
Alokasi Waktu                        : 4 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan                   : 7
Pertemuan Ke                         : 6 (4x45menit)

Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
KD 1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut  pada kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut dalam kehidupan sehari-hari.
KD 3. Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut kehidupan sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut.
KD 6. Mengidentifikasi mesin bubut.
KD 7. Mengklasifikasai proses pemesinan bubut.
Indikator
1.      Siswa dapat menjelaskan jenis dan fungsi alat potong untuk sesuai keperluan.
2.      Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian alat potong untuk sesuai keperluan.
3.      Siswa dapat menjelaskan klasifikasi alat potong untuk sesuai keperluan.

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa memahami jenis dan fungsi alat potong untuk sesuai keperluan.
2.      Siswa memahami bagian-bagian alat potong untuk sesuai keperluan.
3.      Siswa mengatahui klasifikasi proses alat potong untuk sesuai keperluan.
Materi Ajar/Pembelajaran
A.    alat potong untuk sesuai keperluan
Geometri pahat bubut untuk proses pemesinan dipengaruhi oleh jenis bahan benda kerja yang dikerjakan dan bahan pahat yang digunakan. Pahat bubut dengan mata potong tunggal yang diasah menggunakan gerinda alat potong, sudut pahat yang paling pokok adalah sudut beram (rake angle), sudut bebas (clearance angle), dan sudut sisi potong (cutting edge angle). Secara umum alat potong CNC Turning dilihat dari geometrinya hampir sama dengan yang digunakan pada mesin bubut manual. Namun demikian alat potong CNC turning saat ini lebih banyak menggunakan pahat sisipan.
Pahat sisipan (insert) yang dipasang pada tempat pahatnya, geometri pahat identik dengan pahat bubut yang diasah dengan gerinda alat. Selain geometri pahat tersebut pahat bubut dapat juga diidentifikasikan berdasarkan letak sisi potong (cutting edge) yaitu pahat tangan kanan (Right-hand tools) dan pahat tangan kiri (Left-hand tools). Alat potong CNC Turning jenis sisipan inilah yang paling banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan. Pahat sisipan memiliki bentuk dan geometri yang disesuaikan dengan jenis proses pembubutan yang dilakukan, misal pembubutan rata bertingkat, pembuatan alur atau pembuatan ulir. Untuk masing-masing jenis pekerjaan tersebut dapat memperoleh hasil yang optimal apabila bentuk geometri sisipan juga disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Contoh beberapa jenis operasi pembubutan dengan jenis pahat bubut yang berbeda ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Jenis alat potong CNC Turning
Alat potong CNC turning berdasarkan jenis operasi pemesinannya adalah facing, turning, cut-off, threading, dan drilling. Pahat facing adalah jenis alat potong yang digunakan pada proses pembubutan muka. Pahat jenis ini memiliki sudut potong yang lebih lancip. Selain untuk facing, pahat jenis ini juga dapat digunakan untuk pengerjaan finishing. Pahat turning digunakan untuk proses pembubutan lurus. Jenis pembubutan ini biasanya terdiri dari proses pengasaran dan finishingPahat potong atau cut-off digunakan untuk memotong benda kerja yang selesai proses. Selain itu kadang-kadang juga dapat digunakan untuk membuat alur, namun sudut muka harus ada penyesuaiannya. Pahat threading digunakan untuk proses penguliran. Ciri utama pahat ini adalah ujung pahat memiliki sudut 60O yang digunakan untuk pembubutan ulir segitiga.
Jenis alat potong CNC Turning yang berupa pahat sisipan tersebut harus dipasang pada pemegang pahat (holder) yang sesuai. Hal ini agar proses pemesinan dapat terlaksana dengan optimal dan aman. Bentuk sisipan maupun pemegang sudah distandarkan oleh ISO. Contoh pahat sisipan yang telah dipasang pada tool holder ditunjukkan pada gambar berikut.


Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi, Eksperimen, dan Penugasan, dll
3.      Model              : Discovery Learning

Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media
·         LKS
·         Tab Samsung 4.10
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pemesinan Bubut
2.Buku referensi dan artikel yang sesuai
3. http://achmadarifin.com/alat-potong-cnc-turning


Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
1.      Memberikan salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa, menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2.      Memberi motivasi pada siswa
3.      Melakukan apersepsi dan pretest
4.      Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian

Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

1.    Menjawab salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2.    Termotivasi
3.    Memperhatikan dan mengerjakan pretest
4.    Memperhatikan


Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan
10 menit
Inti
Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

Menanya
·         Meminta siswa supaya melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap obyak yang diamati pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencoba/mengumpulkan informasi
·         Memberikan permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing , dan menilai kegiatan siswa



Mengasosiasi/menganalisis informasi
·         Mengarahkan siswa supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat kesimpulan
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mengkomunikasikan
·         Meminta untuk membuat laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·         Meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek dan kesimpulan diskusi
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencipta
·         Meminta siswa supaya mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan

Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan

Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan merumuskan masalah di kelompoknya





Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya









Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis, dan menyimpulkan






Mengkomunikasikan
·      Membuat laporan dan kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·      Mempresentasikan hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya






Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
70 menit
Penutup
1.      Mengajak dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2.      Memberikan evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3.      Memberikan remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4.      Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk pelajaran terakhir)
1.    Membuat rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2.    Mengerjakan tes/ tugas yang diberikan
3.    Mencatat tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4.    Memperhatikan arahan guru (berdoa)
10 menit

A.    PenilaianHasilBelajar
1.       Teknik Penilaian :
a.       KI-1 dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.      KI-3 dengan Tes Tertulis.
c.       KI-4 dengan portofolio
2.         Bentuk Instrumen dan Instrumen
a)      Bentuk Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.      Sebutkan jenis-jenis alat potong untuk sesuai keperluan beserta fungsinya ?
2.      Sebutkan dan jelaskan klasifikasi alat potong untuk sesuai keperluan!
3.      Sebutkan dan jelaskan metode alat potong untuk sesuai keperluan!
3.       Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap

a.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b.  Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.   Toleransi di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d.  Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
Dalam pembelajaran dan saat diskusi (selama  kegiatan  inti)
2.
Pengetahuan

Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai alat potong untuk sesuai keperluan
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
3.

Keterampilan

Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang alat potong untuk sesuai keperluan.

Penyelesaian tugas (individu)

B.     Pedoman Penskoran dan  Penilaian
1.      Indikator penskoran  sikap Toleransi
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
3
Sering membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
2
Kadang-kadang membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
1
Tidak pernah membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan

2.      Indikator penskoran sikap Kerja sama
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
3
Sering mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
2
Kadang-kadang mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
1
Tidak pernah mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu

3.      Indikator penskoran  Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai  50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100            : Sangat baik
81 -  90 : Baik
77 -  80 : Cukup
65 – 76  : Kurang

                                                                                     NTB, 23 Agustus 2018
                                                                                    Guru Mapel,


Khairul Fuadi, Spd
                                                                                    NIK…………......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar