RPP DPTM menerapkan teknik penanganan material
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMK
Nama
Sekolah : SMK ONDAK JAYA
Mata
Pelajaran : DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN
Kelas/Semester : X TP 1 / GASAL
Materi
Pokok/Tema/Topik : Menerapkan teknik penanganan Material
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 6
Pertemuan
Ke : 2 dan 3 (4x45menit)
Kompetensi Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
KD
1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam
mengaplikasikan teknik
penanganan Material pada kehidupan
sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai
tuntunan dalam mengaplikasikan teknik penanganan Material dalam kehidupan
sehari-hari.
KD
3. Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab
dalam mengaplikasikan teknik
penanganan Material pada kehidupan
sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun,
demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam
mengaplikasikan teknik penanganan Material kehidupan
sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif,
konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan teknik
penanganan Material.
KD
6. Mengidentifikasi teknik
penanganan Material.
KD
7. Mengklasifikasai proses teknik penanganan Material.
Indikator
1.
Siswa dapat menjelaskan
jenis dan fungsi teknik penanganan Material.
2.
Siswa dapat menjelaskan
teknik penanganan Material
3. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi teknik
penanganan Material
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa memahami
jenis dan fungsi teknik penanganan Material.
2.
Siswa memahami teknik
penanganan Material.
3.
Siswa
mengatahui klasifikasi proses teknik
penanganan Material.
Materi
Ajar/Pembelajaran
A. teknik
penanganan Material
- Definisi
Penanganan Material Secara Manual adalah
salah satu teori dasar dalam teknik pemesinan yang berisi tentang bagaimana
cara bekerja dengan berbagai material teknik seperti Logam, Non-Logam, Polimer,
Plastik, Gelas, Keramik, dan material logam yang lain.
·
Tujuan
1.Mamahami cara-cara pemindahan material
sesuai dengan metode penyimpanan, berat, tinggi dan posisinya.
2. Dapat menggunakan teknik yang paling
memadai sesuai dengan berat material.
3. Dapat memeriksa material yang
diangkat dari bahaya yang dapat timbul.
·
Keuntungan dibanding menggunakan alat
· Fleksibel
dalam gerakan sehingga memberikan kemudahan pemindahan beban pada ruang
terbatas dan pekerjaan yang tidak beraturan.
·Untuk
beban ringan akan lebih murah bila dibandingkan menggunakan mesin.
· Tidak
semua material dapat dipindahkan dengan alat.
·
Jenis jenis kegiatan penanganan material
(push,pull,dsb)
1. Mengangkat/Menurunkan
(Lifting/Lowering)
Mengangkat adalah kegiatan memindahkan
barang ke tempat yang lebih tinggi yang masih dapat dijangkau oleh tangan.
Kegiatan lainnya adalah menurunkan barang.
2. Mendorong/Menarik (Push/Pull)
Kegiatan mendorong adalah kegiatan
menekan berlawanan arah tubuh dengan usaha yang bertujuan untuk memindahkan
obyek. Kegiatan menarik kebalikan dengan itu.
3. Memutar
(Twisting)
Kegiatan memutar merupakan kegiatan MMH
yang merupakan gerakan memutar tubuh bagian atas ke satu atau dua sisi,
sementara tubuh bagian bawah berada dalam posisi tetap. Kegiatan memutar ini
dapat dilakukan dalam keadaan tubuh yang diam.
4. Membawa (Carrying)
Kegiatan membawa merupakan kegiatan
memegang atau mengambil barang dan memindahkannya. Berat benda menjadi berat
total pekerja.
5. Menahan (Holding)
Memegang obyek saat tubuh berada
dalam posisi diam (statis)
·
Batasan beban
Batasan Angkat Secara Legal (Legal
Limitations)
Dalam rangka menciptakan suasana kerja
yang aman dan sehat maka perlu adanya suatu batasan angkat untuk operator. Pada
bagian ini akan dijelaskan beberapa batasan angkat secara legal dari berbagai
Negara bagian benua Australia yang digunakan untuk pabrik dan system bisnis
manufaktur lainnya. Batasan angkat ini dipakai sebagai batasan angkat secara
internasional. Adapun variabelnya adalah sebagai berikut :
· Pria dibawah
usia 16th, maksimum angkat adalah 14 kg
· Pria usia
diantara 16th dan 18th, maksimum angkat 18 kg
· Pria usia lebih
dari 18th, tidak ada batasan angkat
· Wanita usia
diantara 16th dan 18th, maksimum angkat 11 kg
· Wanita usia
lebih dari 18th, maksimum angkat adalah 16 kg
·
pengertian Powerzone
Grafik di samping menggambarkan zona
angkat yang aman dan bobot yang sesuai di zona tersebut. Kawasan hijau
merupakan zona terbaik yang sering disebut sebagai zona kekuatan. Zona merah
adalah zona angkat dan tidak tepat di atas bahu dan di bawah tinggi lutut.
Selain itu, semakin jauh seorang pekerja menjangkau dari tubuh, semakin rendah
berat yang ditangani dengan aman (zona kuning). Anda bisa melihat mengapa 35 pound menjadi standar industri kesehatan
dan rekomendasi bagus untuk semua lingkungan pengangkat.
Penanganan material menggunakan alat
·
Karakteristik material
Karakteristikmaterial atau bahan, meliputi
:
a.Beban, ukuran berat benda, usaha yang
dibutuhkan untuk mengangkat, maupun momen inersia benda.
b.Dimensi, atau ukuran benda seperti
lebar, panjang, tebal, dan bentuk benda baik itu kotak, silinder, dll.
c.Distribusi beban, ukuran letak unit CG
dengan reaksi pekerja untuk membawa dengan satu atau dua tangan.
d. Kopling, cara membawa benda oleh
pekerja berkaitan dengan tekstur, permukaan, atau letak.
e. Stabilitas beban, ukuran konsistensi
lokasi CM
·
Tingkat aliran material
Jumlah
aliran rendah dan jarak perpindahan relatif pendek Þ handtruck
Jumlah
aliran rendah dan jarak perpindahan sedikit lebih jauh ÞAGV
Jumlah
aliran sangat tinggi Þ conveyor
Jumlah
aliran sangat tinggi dan jarak perpindahan sedikit lebih jauh Þ AGV Train
·
Tipe tata letak pabrik
Fixed
position layout Þ crane, hoist, truck
process
layout Þ handtruck, forklift, AGV
product
layout Þ conveyor, truck
·
Jenis-jenis peralatan penanganan
material (transport equipment)
a. Conveyor
Conveyor
digunakan untuk memindahkan material secara kontinyu dengan jalur yang tetap.
Keuntungan
Conveyor :
1.
Kapasitas tinggi sehingga memungkinkan untuk memindahkan material dalam jumlah
besar.
2.
Kecepatan dapat disesuaikan.
3.
Penanganan dapat digabungkan dengan aktivitas lainnya seperti proses dan inspeksi.
4.
Serba guna dan dapat ditaruh di atas lantai maupun di atas operator.
5.
Bahan dapat disimpan sementara antar stasiun kerja.
6.
Pengiriman/pengangkutan bahan secara otomatis dan tidak memerlukan bantuan
beberapa operator.
7. Tidak
memerlukan gang.
Kerugian Conveyor :
1. Mengikuti
jalur yang tetap sehingga pengangkutan terbatas pada area tersebut.
2. Kerusakan
pada salah satu bagian conveyor akan menghentikan aliran proses.
3. Conveyor ada
pada tempat yang tetap, sehingga akan mengganggu gerakan peralatan bermesin
lainnya.
Pada
lingkungan industri, terdapat beberapa tipe conveyor yang biasa
dipergunakan, antara lain belt conveyor, roller conveyor, screw
conveyor, chain conveyor, dan sebagainya.
b.
Cranes dan Hoists
Cranes (derek)
dan Hoists (kerekan) adalah peralatan di atas yang digunakan untuk
memindahkan beban secara terputus-putus dengan area terbatas.
Keuntungan
:
1.
Dimungkinkan untuk mengangkat dan memindahkan benda.
2.
Keterkaitan dengan lantai kerja/produksi sangat kecil.
3.Lantai
kerja yang berguna untuk kerja dapat dihemat dengan memasang
peralatan handling berupa cranes.
Kerugian Cranes dan Hoists
:
1.
Membutuhkan investasi yang besar.
2.
Pelayanan terbatas pada area yang ada.
3.
Crane hanya bergerak pada arah garis lurus dan tidak dapat dibuat
berputar/belok.
4.
Pemakaian tidak dapat maksimal sesuai yang diinginkan karena crane hanya
digunakan untuk periode waktu yang pendek setiap hari kerja.
Tipe
cranes dan hoists juga banyak macamnya. Tipe cranes terdiri
dari: jib crane, bridge crane, gantry crane, tower crane, stacker crane,
dan sebagainya.
Berikut
ini gambar dari crane.
Beberapa
contoh hoists ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
c. Trucks
Trucks
yang digerakkan tangan atau mesin dapat memindahkan material dengan berbagai
macam jalur yang ada. Termasuk dalam kelompok truck antara lain, forklift
trucks, fork trucks, trailer trains, automated guided vehicles (AGV), dan
sebagainya.
Keuntungan
:
1. Perpindahan
tidak menggunakan jalur yang tetap, oleh sebab itu dapat digunakan di mana-mana
selama ruangan dapat untuk dimasuki trucks.
2. Mampu
untuk loading, unloading dan mengangkat kecuali memindahkan material.
3. Karena
gerakannya tidak terbatas, memungkinkan untuk melayani tempat yang berbeda.
Kerugian
:
1. Tidak
mampu menangani beban yang berat.
2. Mempunyai
kapasitas yang terbatas setiap pengangkutan.
3. Memerlukan
gang
4. Sebagian
besar trucks harus dijalankan oleh operator
5. Trucks
tidak bisa melakukan tugas ganda.
·
Jenis-jenis peralaatan rigging
Definisi
Rigging
adalah suatu metoda untuk menangani material beban besar dengan
menggunakan tali, baik tali dari serat sintetik ataupun tali serat baja atau
sling.
Macam-Macam sling
1. WIRE ROPE SLING
Wire rope adalah Tali baja yang terbuat
dari beberapa WIRE yang dipilin membentuk STRAND, lalu beberapa strand tersebut
dipilin mengelilingi CORE untuk membentuk sebuah wire rope.
Wire Rope Sling adalah Wire rope yang
salah satu atau kedua ujungnya sudah diterminasi atau dibuat mata. Wire
rope sling ini banyak digunakan di lapangan untuk aplikasi mengangkat barang (
Lifting ), menarik ( Towing ), menambat kapal ( Mooring ), mengikat (
Lashing(choker) ) dan masih banyak lagi
Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi, Eksperimen, dan
Penugasan, dll
3. Model : Discovery Learning
Media, Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media
·
Tab 4 samsung 10
in
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pemesinan Frais
2.Buku
referensi dan artikel yang sesuai
3. http://fairusdanizulkifli.blogspot.com/2017/10/penangananmaterial-secara-manual.html
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
1. Memberikan
salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa,
menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2. Memberi
motivasi pada siswa
3. Melakukan
apersepsi dan pretest
4. Menyampaikan
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
|
1. Menjawab
salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab
keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2. Termotivasi
3. Memperhatikan
dan mengerjakan pretest
4. Memperhatikan
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
Menanya
·
Meminta siswa supaya
melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap
obyak yang diamati pada kelompoknya
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencoba/mengumpulkan
informasi
·
Memberikan
permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada
kelompoknya
·
Mengamati, membimbing
, dan menilai kegiatan siswa
Mengasosiasi/menganalisis
informasi
·
Mengarahkan siswa
supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat
kesimpulan
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mengkomunikasikan
·
Meminta untuk membuat
laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·
Meminta setiap
perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek
dan kesimpulan diskusi
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencipta
·
Meminta siswa supaya
mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
|
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan dan
sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan
merumuskan masalah di kelompoknya
Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya
Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis,
dan menyimpulkan
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan dan
kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·
Mempresentasikan
hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya
Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis
dari kegiatan mengkomunikasikan
|
70
menit
|
Penutup
|
1. Mengajak
dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Memberikan
evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3. Memberikan
remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4. Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk
pelajaran terakhir)
|
1. Membuat
rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2. Mengerjakan
tes/ tugas yang diberikan
3. Mencatat
tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4. Memperhatikan
arahan guru (berdoa)
|
10
menit
|
A. PenilaianHasilBelajar
1.
Teknik
Penilaian :
a.
KI-1
dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.
KI-3
dengan Tes Tertulis.
c.
KI-4 dengan
portofolio
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a)
Bentuk
Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.
Sebutkan teknik penanganan Material beserta fungsinya ?
2.
Sebutkan dan
jelaskan klasifikasi teknik penanganan Material!
3.
Sebutkan dan
jelaskan metode teknik penanganan Material!
3.
Prosedur
penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
a.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b. Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleransi
di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
|
Dalam pembelajaran dan saat
diskusi (selama kegiatan inti)
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai alat keselamatan kerja yang harus
digunakan pada saat teknik
penanganan Material.
|
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
|
3.
|
Keterampilan
|
Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang alat keselamatan kerja yang harus
dipakai saat bekerja teknik
penanganan Material.
|
Penyelesaian tugas (individu)
|
B. Pedoman
Penskoran dan Penilaian
1.
Indikator
penskoran sikap Toleransi
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
membantu/menawarkan bantuan pada teman dan
guru yang sedang mengalami kesulitan
|
3
|
Sering membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2
|
Kadang-kadang membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
1
|
Tidak pernah membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2.
Indikator
penskoran sikap Kerja sama
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu
tujuan tertentu
|
3
|
Sering mengajak / menawarkan pada
teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
2
|
Kadang-kadang mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
1
|
Tidak pernah mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
3.
Indikator
penskoran Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai 50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100 :
Sangat baik
81 -
90 : Baik
77 -
80 : Cukup
65
– 76 : Kurang
NTB, 23 Agustus 2018
Guru
Mapel,
Khairul
Fuadi, Spd
NIK…………......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar