Sabtu, 14 September 2019

RPP TEKNIK PEMESINAN BUBUT Memahami Mesin Mesin Bubut untuk Jenis Pekerjaan Tertentu Yang disyaratkan


RPP TEKNIK PEMESINAN BUBUT Memahami Mesin Mesin Bubut untuk Jenis Pekerjaan Tertentu Yang disyaratkan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                  : SMK
Nama Sekolah                         : SMK ONDAK JAYA
Mata Pelajaran                        : TEKNIK PEMESINAN BUBUT
Kelas/Semester                        : XI TP 1 / GASAL
Materi Pokok/Tema/Topik      : Memahami mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu yang disyaratkan
Alokasi Waktu                        : 4 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan                   : 3
Pertemuan Ke                         : 2 dan 3 (4x45menit)

Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
KD 1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut  pada kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut dalam kehidupan sehari-hari.
KD 3. Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut kehidupan sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut.
KD 6. Mengidentifikasi mesin bubut.
KD 7. Mengklasifikasai proses pemesinan bubut.
Indikator
1.      Siswa dapat menjelaskan jenis dan fungsi mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
2.      Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
3.      Siswa dapat menjelaskan klasifikasi proses mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa memahami jenis dan fungsi mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
2.      Siswa memahami bagian-bagian mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
3.      Siswa mengatahui klasifikasi proses mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
Materi Ajar/Pembelajaran
  1. mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu

Macam - macam jenis mesin bubut metal / types of metal lathe

Pengertian pembubutan
Pembubutan adalan pengelupasan material dengan cara memutar material dengan kecepatan tertentu dan dikelupas dengan suatu alat potong yang diam. walaupun dalam era modern alat potong juga punya gerak putar seperti digunakan pada mesin bubut 3in 1.

Mesin bubut adalah suatu mesin yang prinsip kerjanya memiliki gerak utama memutar benda kerja / material yang dipegang oleh chuck atau pemegang lainnya dan diputar oleh unit motor listrik yang ditransmisikan lewat sabuk dan rangkaian rooda gigi untuk menghasilkan putaran tertentu. kemudian alat potong digerakkan untuk menyayat benda kerja sehingga mendapatkan bentuk yang diiinginkan, biasanya silindris.


Macam-macam hasil pekerjaan pembubutan
1. Diameter bertingkat /shoulder turning
2. Tirus / taper
3. Ulir / thread
4. poros eksentrik / poros engkol / crank shaft
5. poros cacing /worm shaft

Macam - Macam mesin bubut dalam pekerjaan metal.
1. Mesin bubut metal standar.
Adalah mesin bubut yang umum digunakan dalam industri manufaktur, mesin bubut ini sering juga disebut mesin bubut konvensional karena pengerjaan benda kerja masih dilakukan secara manual. menurut ukurannya mesin bubut ini dibedakan menjadi 3 yaitu

a. mesin bubut bangku / mini lathe / bench lathe
adalah bentuk sederhana dari mesin bubut standar yang diletakkan diatas meja, ukuran panjang mesin bubut ini sampai dengan 1 meter dan terbatas untuk pekerjaan-pekerjaan sederhana dan kecil.

gambar mesin bubut bangku

b. mesin bubut sedang / medium lathe
adalah mesin bubut ukuran standar sampai dengan 2 meter yang umum dijumpai dalam industri dan bengkel-bengkel, digunakan unutk membuat benda kerja sampai dengan diameter 200-300 mm. jemis pekerjaan meliputi pembuatan diameter, ulir, tirus dan eksentrik

gambar mesin bubut sedang


c. mesin bubut besar / big lathe
adalah mesin bubut ukuran raksasa dengan ukuran sampai sebesar gedung dengan ketinggian sampai 5 meter dan panjang 20 meter, biasa digunakan untuk industri mesin-mesin kapal.





















gambar mesin bubut besar

2. Mesin bubut turret/capstan
mesin ini sebenarnya hampir sama dengan mesin-mesin bubut pada umumnya, teteapi yang membedakan adalah pemegang alat potong sampai dengan 8 alat potong sekaligus dan digunakan untuk membuat produk massal, dimana setiap alat potong sudah diset untuk pekerjaan pembubutan masing masing.

gambar mesin bubut copy

3. mesin bubut copy
mesin ini digunakan untuk membuat suatu benda kerja dengan acuan sebuah mal benda kerja sehingga mengasilkan benda kerja yang seragam

gambar mesin mesin bubut copy

4. mesin bubut spesial / 3 in 1
adalah mesin bubut yang dikombinasikan dengan mesin-mesin lain seperti mesin bor dan mesin frais.


gambar mesin bubut 3 in 1

5. mesin bubut pola / metal spinning lathe
adalah mesin bubut dengan bahan material berupa plat yang di tekan ke pola untuk membuat bentuk-bentuk seperti wajan, kap lampu dll
 

gambar metal spinning


6. Mesin bubut jenis vertikal / vertical lathe machine
Mesin bubut ini mempunyai spindel penggerak dengan arah vertikal. pada prinsipnya sama dengan mesin bubut pada umumnya hanya terdapat perbedaan dalam posisi sumbu spindelnya.

Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi, Eksperimen, dan Penugasan, dll
3.      Model              : Discovery Learning

Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media
·         LKS
·         Tab Samsung 4.10 in
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pemesinan Bubut
2.Buku referensi dan artikel yang sesuai
3. http://machiningtool.blogspot.com/2014/09/macam-macam-jenis-mesin-bubut-metal.html


Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
1.      Memberikan salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa, menanyakan kondisi siswa dan mempresensi
2.      Memberi motivasi pada siswa
3.      Melakukan apersepsi dan pretest
4.      Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian

Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

1.    Menjawab salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2.    Termotivasi
3.    Memperhatikan dan mengerjakan pretest
4.    Memperhatikan


Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan
10 menit
Inti
Mengamati
·         Memperagakan
·         Meminta siswa supaya mengamati peragaan dan sumber belajar
·         Mengamati dan membimbing siswa

Menanya
·         Meminta siswa supaya melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap obyak yang diamati pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencoba/mengumpulkan informasi
·         Memberikan permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada kelompoknya
·         Mengamati, membimbing , dan menilai kegiatan siswa



Mengasosiasi/menganalisis informasi
·         Mengarahkan siswa supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat kesimpulan
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mengkomunikasikan
·         Meminta untuk membuat laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·         Meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek dan kesimpulan diskusi
·         Mengamati, membimbing, dan menilai kegiatan siswa

Mencipta
·         Meminta siswa supaya mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan

Mengamati
·      Memperhatikan
·      Mengamati peragaan dan sumber belajar
·      Menanyakan hal – hal yang belum jelas dalam pengamatan

Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan merumuskan masalah di kelompoknya





Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya









Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis, dan menyimpulkan






Mengkomunikasikan
·      Membuat laporan dan kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·      Mempresentasikan hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya






Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
70 menit
Penutup
1.      Mengajak dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2.      Memberikan evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3.      Memberikan remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4.      Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk pelajaran terakhir)
1.    Membuat rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2.    Mengerjakan tes/ tugas yang diberikan
3.    Mencatat tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4.    Memperhatikan arahan guru (berdoa)
10 menit

A.    PenilaianHasilBelajar
1.       Teknik Penilaian :
a.       KI-1 dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.      KI-3 dengan Tes Tertulis.
c.       KI-4 dengan portofolio
2.         Bentuk Instrumen dan Instrumen
a)      Bentuk Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.      Sebutkan jenis mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu beserta fungsinya ?
2.      Sebutkan dan jelaskan klasifikasi mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu!
3.      Sebutkan dan jelaskan metode mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu!
3.       Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap

a.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b.  Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.   Toleransi di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d.  Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
Dalam pembelajaran dan saat diskusi (selama  kegiatan  inti)
2.
Pengetahuan

Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
3.

Keterampilan

Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu

Penyelesaian tugas (individu)

B.     Pedoman Penskoran dan  Penilaian
1.      Indikator penskoran  sikap Toleransi
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
3
Sering membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
2
Kadang-kadang membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan
1
Tidak pernah membantu/menawarkan bantuan pada teman dan  guru yang sedang mengalami kesulitan

2.      Indikator penskoran sikap Kerja sama
Skor
Deskripsi
4
-          Selalu mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
3
Sering mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
2
Kadang-kadang mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
1
Tidak pernah mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu

3.      Indikator penskoran  Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai  50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100            : Sangat baik
81 -  90 : Baik
77 -  80 : Cukup
65 – 76  : Kurang

                                                                                     NTB, 23 Agustus 2018
                                                                                    Guru Mapel,


Khairul Fuadi, Spd
                                                                                    NIK…………......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar