RPP TEKNIK PEMESINAN BUBUT Memahami Mesin Mesin Bubut untuk Jenis Pekerjaan Tertentu Yang disyaratkan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMK
Nama
Sekolah : SMK ONDAK JAYA
Mata
Pelajaran : TEKNIK PEMESINAN BUBUT
Kelas/Semester : XI TP 1 / GASAL
Materi
Pokok/Tema/Topik : Memahami mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan
tertentu yang disyaratkan
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 3
Pertemuan
Ke : 2 dan 3 (4x45menit)
Kompetensi Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
KD
1. Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam
mengaplikasikan teknik pemesinan
bubut pada
kehidupan sehari-hari.
KD 2. Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai
tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan bubut dalam kehidupan
sehari-hari.
KD
3. Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab dalam
mengaplikasikan teknik pemesinan
bubut pada kehidupan sehari-hari.
KD 4. Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun,
demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam
mengaplikasikan teknik pemesinan bubut kehidupan
sehari-hari.
KD 5. Menunjukan sikap responsive, proaktif,
konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengaplikasikan teknik
pemesinan bubut.
KD
6. Mengidentifikasi mesin bubut.
KD
7. Mengklasifikasai proses pemesinan bubut.
Indikator
1.
Siswa dapat menjelaskan
jenis dan fungsi mesin mesin bubut untuk jenis
pekerjaan tertentu.
2.
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian
mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
3. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi proses mesin
mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa memahami
jenis dan fungsi mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
2.
Siswa memahami bagian-bagian mesin
mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
3.
Siswa
mengatahui klasifikasi proses mesin mesin
bubut untuk jenis pekerjaan tertentu.
Materi
Ajar/Pembelajaran
- mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu
Macam -
macam jenis mesin bubut metal / types of metal lathe
Pengertian pembubutan
Pembubutan adalan pengelupasan material dengan cara memutar material dengan kecepatan tertentu dan dikelupas dengan suatu alat potong yang diam. walaupun dalam era modern alat potong juga punya gerak putar seperti digunakan pada mesin bubut 3in 1.
Mesin bubut adalah suatu mesin yang prinsip kerjanya memiliki gerak utama memutar benda kerja / material yang dipegang oleh chuck atau pemegang lainnya dan diputar oleh unit motor listrik yang ditransmisikan lewat sabuk dan rangkaian rooda gigi untuk menghasilkan putaran tertentu. kemudian alat potong digerakkan untuk menyayat benda kerja sehingga mendapatkan bentuk yang diiinginkan, biasanya silindris.
Pembubutan adalan pengelupasan material dengan cara memutar material dengan kecepatan tertentu dan dikelupas dengan suatu alat potong yang diam. walaupun dalam era modern alat potong juga punya gerak putar seperti digunakan pada mesin bubut 3in 1.
Mesin bubut adalah suatu mesin yang prinsip kerjanya memiliki gerak utama memutar benda kerja / material yang dipegang oleh chuck atau pemegang lainnya dan diputar oleh unit motor listrik yang ditransmisikan lewat sabuk dan rangkaian rooda gigi untuk menghasilkan putaran tertentu. kemudian alat potong digerakkan untuk menyayat benda kerja sehingga mendapatkan bentuk yang diiinginkan, biasanya silindris.
Macam-macam hasil pekerjaan pembubutan
1. Diameter bertingkat /shoulder turning
2. Tirus / taper
3. Ulir / thread
4. poros eksentrik / poros engkol / crank shaft
5. poros cacing /worm shaft
Macam - Macam mesin bubut dalam pekerjaan metal.
1. Mesin bubut metal standar.
Adalah mesin bubut yang umum digunakan dalam industri manufaktur, mesin bubut ini sering juga disebut mesin bubut konvensional karena pengerjaan benda kerja masih dilakukan secara manual. menurut ukurannya mesin bubut ini dibedakan menjadi 3 yaitu
a. mesin bubut bangku / mini lathe / bench lathe
adalah bentuk sederhana dari mesin bubut standar yang diletakkan diatas meja, ukuran panjang mesin bubut ini sampai dengan 1 meter dan terbatas untuk pekerjaan-pekerjaan sederhana dan kecil.
gambar mesin bubut bangku
b. mesin bubut sedang / medium lathe
adalah mesin bubut ukuran standar sampai dengan 2 meter yang umum dijumpai dalam industri dan bengkel-bengkel, digunakan unutk membuat benda kerja sampai dengan diameter 200-300 mm. jemis pekerjaan meliputi pembuatan diameter, ulir, tirus dan eksentrik
gambar mesin bubut sedang
c. mesin bubut besar / big lathe
adalah mesin bubut ukuran raksasa dengan ukuran sampai sebesar gedung dengan ketinggian sampai 5 meter dan panjang 20 meter, biasa digunakan untuk industri mesin-mesin kapal.
gambar mesin bubut besar
2.
Mesin bubut turret/capstan
mesin
ini sebenarnya hampir sama dengan mesin-mesin bubut pada umumnya, teteapi yang
membedakan adalah pemegang alat potong sampai dengan 8 alat potong sekaligus
dan digunakan untuk membuat produk massal, dimana setiap alat potong sudah
diset untuk pekerjaan pembubutan masing masing.
gambar mesin bubut copy
3.
mesin bubut copy
mesin
ini digunakan untuk membuat suatu benda kerja dengan acuan sebuah mal benda
kerja sehingga mengasilkan benda kerja yang seragam
gambar mesin mesin bubut copy
4.
mesin bubut spesial / 3 in 1
adalah
mesin bubut yang dikombinasikan dengan mesin-mesin lain seperti mesin bor dan
mesin frais.
gambar mesin bubut 3 in 1
5. mesin bubut pola / metal spinning lathe
adalah mesin bubut dengan bahan material berupa plat yang di tekan ke pola untuk membuat bentuk-bentuk seperti wajan, kap lampu dll
gambar metal spinning
6.
Mesin bubut jenis vertikal / vertical lathe machine
Mesin bubut ini mempunyai spindel penggerak dengan arah vertikal. pada prinsipnya sama dengan mesin bubut pada umumnya hanya terdapat perbedaan dalam posisi sumbu spindelnya.
Mesin bubut ini mempunyai spindel penggerak dengan arah vertikal. pada prinsipnya sama dengan mesin bubut pada umumnya hanya terdapat perbedaan dalam posisi sumbu spindelnya.
Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi, Eksperimen, dan
Penugasan, dll
3. Model : Discovery Learning
Media, Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media
·
LKS
·
Tab Samsung 4.10
in
Sumber Belajar
1.Buku Teori Pemesinan Bubut
2.Buku
referensi dan artikel yang sesuai
3. http://machiningtool.blogspot.com/2014/09/macam-macam-jenis-mesin-bubut-metal.html
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
1. Memberikan
salam, mengkondisikan kelas dan pembiasaan, mengajak dan memimpin berdoa, menanyakan
kondisi siswa dan mempresensi
2. Memberi
motivasi pada siswa
3. Melakukan
apersepsi dan pretest
4. Menyampaikan
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode, dan penilaian
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
|
1. Menjawab
salam, menertibkan tempat duduk dan menertibkan diri, berdoa, menjawab
keadaan kondisinya, dan kehadirannya
2. Termotivasi
3. Memperhatikan
dan mengerjakan pretest
4. Memperhatikan
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Memperagakan
·
Meminta siswa supaya
mengamati peragaan dan sumber belajar
·
Mengamati dan
membimbing siswa
Menanya
·
Meminta siswa supaya
melakukan diskusi mulai dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah terhadap
obyak yang diamati pada kelompoknya
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencoba/mengumpulkan
informasi
·
Memberikan
permasalahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan/praktek pada kelompoknya
·
Mengamati, membimbing
, dan menilai kegiatan siswa
Mengasosiasi/menganalisis
informasi
·
Mengarahkan siswa
supaya menggali informasi/mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat
kesimpulan
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mengkomunikasikan
·
Meminta untuk membuat
laporan dan menyimpulkan hasil percobaan/praktek dalam kelompoknya
·
Meminta setiap
perwakilan kelompok untuk menyampaikan/menampilkan hasil percobaan/praktek
dan kesimpulan diskusi
·
Mengamati,
membimbing, dan menilai kegiatan siswa
Mencipta
·
Meminta siswa supaya
mewujudkan/mempraktekan hasil kajian teoritis dari kegiatan mengkomunikasikan
|
Mengamati
·
Memperhatikan
·
Mengamati peragaan
dan sumber belajar
·
Menanyakan hal – hal
yang belum jelas dalam pengamatan
Menanya
Melakukan diskusi, mengidentifikasi masalah dan
merumuskan masalah di kelompoknya
Mencoba
Melakukan percobaan/ praktek di kelompoknya
Mengasosiasi
Mengumpulkan informasi/ data, melakukan analisis,
dan menyimpulkan
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan dan
kesimpulan hasil percobaan/ praktek dalam kelompoknya
·
Mempresentasikan
hasil percobaan/ praktek beserta kesimpulannya
Mencipta
Mewujudkan/ mempraktekkan hasil kajian teoritis
dari kegiatan mengkomunikasikan
|
70
menit
|
Penutup
|
1. Mengajak
dan mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Memberikan
evaluasi/ penilaian dalam bentuk post test/ tugas
3. Memberikan
remidi/ pengayaan dalam bentuk tugas
4. Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, (mengajak dan memimpin berdoa untuk
pelajaran terakhir)
|
1. Membuat
rangkuman/ kesimpulan bersama guru
2. Mengerjakan
tes/ tugas yang diberikan
3. Mencatat
tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
4. Memperhatikan
arahan guru (berdoa)
|
10
menit
|
A. PenilaianHasilBelajar
1.
Teknik
Penilaian :
a.
KI-1
dan KI-2 dengan pengamatan / observasi.
b.
KI-3
dengan Tes Tertulis.
c.
KI-4 dengan
portofolio
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a)
Bentuk
Instrumen: Tes tertulis (Uraian)
Instrumen:
1.
Sebutkan jenis mesin mesin
bubut untuk jenis pekerjaan tertentu beserta
fungsinya ?
2.
Sebutkan dan
jelaskan klasifikasi mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu!
3.
Sebutkan dan
jelaskan metode mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu!
3.
Prosedur
penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
a.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
b. Bekerjasama di amati dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleransi
di amati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
d. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
|
Dalam pembelajaran dan saat
diskusi (selama kegiatan inti)
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis bentuk uraian mengenai bentuk uraian mengenai mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu
|
Ulangan Penyelesaian tugas individu, pada akhir KD
|
3.
|
Keterampilan
|
Presentasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu
|
Penyelesaian tugas (individu)
|
B. Pedoman
Penskoran dan Penilaian
1.
Indikator
penskoran sikap Toleransi
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
membantu/menawarkan bantuan pada teman dan
guru yang sedang mengalami kesulitan
|
3
|
Sering membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2
|
Kadang-kadang membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
1
|
Tidak pernah membantu/menawarkan
bantuan pada teman dan guru yang
sedang mengalami kesulitan
|
2.
Indikator
penskoran sikap Kerja sama
Skor
|
Deskripsi
|
4
|
-
Selalu
mengajak / menawarkan pada teman untuk bersama-sama menyelesaikan suatu
tujuan tertentu
|
3
|
Sering mengajak / menawarkan pada
teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
2
|
Kadang-kadang mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
1
|
Tidak pernah mengajak /
menawarkan pada teman untuk bersama sama menyelesaikan suatu tujuan tertentu
|
3.
Indikator
penskoran Pengetahuan
Setiap nomor soal apabila benar nilai 50
Apabila setiap nomor jawabannya kurang sempurna akan diberi skor 25
Kriteria penilaian tes uraian
91 - 100 :
Sangat baik
81 -
90 : Baik
77 -
80 : Cukup
65
– 76 : Kurang
NTB, 23 Agustus 2018
Guru
Mapel,
Khairul
Fuadi, Spd
NIK…………......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar